Saturday, July 13, 2013

Belajar Not Angka

belajar-not-angka

Kali ini kita akan membahas sedikit mengenai belajar not angka. Not angka adalah not yang tersusun dari angka-angka, biasanya dari 0 sampai dengan angka 7 yang menggambarkan nada dalam musik itu sendiri. Lebih lengkapnya yuk kita bahas..

Penulisan not angka ini sendiri sangat jarang dilakukan oleh para musisi profesional mengingat banyak keterbatasan dari not angka itu sendiri, sebaiknya sih saran saya, buat teman-teman langsung aja belajar not balok.

Karena nanti akan timbul banyak kebingungan juga dalam kita belajar mengenai ketukannya, cara memainkannya seperti apa sih? Kita hanya tahu not angka itu not yang dari 0 sampai 7, dimana 1 itu adalah do dan 2 adalah re, dan 3 itu adalah mi, 4 adalah fa, 5 adalah sol, 6 adalah la, dan 7 adalah si.

Jadi angka satu sampai tujuh itu menandakan solmisasinya. Tapi yang sedikit merepotkan adalah biasanya di dalam penulisan not angka, harus dituliskan tuh Do = C atau Do = A, karena kalau ternyata Do = A terus kita menerjemahkannya adalah Do = C, maka bunyinya pun akan menjadi lain.

Sehingga kalau menurut saya lebih baik teman-teman sekalian langsung saja belajar mengenai not balok, sehingga langsung nantinya tidak akan mengalami kendala. Karena kalau teman-teman sudah fasih dengan not angka, nanti juga ketika teman-teman ingin belajar not balok harus memulai lagi dari nol lagi.

Tidak beneran dari nol sih, karena ada beberapa yang memang sama dari not angka dan not balok, misalnya masalah 1-7, kalau di not balok kita langsung menuliskannya sebagai C-D-E-F-G-A-B atau sebagai not atau nadanya langsung. Kesamaannya adalah sama-sama berupa not! Hehehe.. walau secara penulisan beda, yang satu ditulis dengan huruf sedangkan yang satunya ditulis dengan angka.

Disini aja udah menimbulkan kebingungan kan? Maka dari itu saran saya langsung saja belajar not balok ketimbang belajar membaca not angka, karena jatuhnya tanggung! Ini menurut pendapat saya ya..

Ada penulisan garis miring dalam not angka, dimana garis miring ke kanan merupakan tanda naik setengah nada, dan garis miring ke kira berarti tanda turun setengah nada. Nah kalau di not balok tanda garis miring ini ditandai dengan tanda sharp atau dalam bahasa Indonesia kita menyebutnya dengan tanda kres (#) di depan notnya kalau kita menginginkan nadanya dinaikkan setengah, sementara kalau nadanya kita menginginkan diturunkan setengah maka di depan not balok tersebut kita beri tanda mol (b).

Tanda mol itu mirip dengan huruf b tapi ngga seperti itu juga, saya agak ribet nyari simbolnya tapi kira-kira mirip ya udah jadi saya tulis aja (b). Tetap saran saya sebaiknya teman-teman belajar not balok aja langsung ketimbang belajar not angka.

Oh iya kalau teman-teman ingin belajar not balok, dari mulai yang pertama teman-teman bisa menonton video saya di youtube channel saya. Yang ini adalah yang bagian pertamanya, saya buat sampai bagian ke sembilan. Nanti yang berikutnya silakan teman-teman cari sendiri aja yaa..



Kalau teman-teman ada yang bingung dan ingin ditanyakan, silakan bisa melalui facebook saya atau bisa melalui akun twitter saya, @ngimoel. Atau teman-teman ingin les drum dengan saya? Silakan teman-teman bisa mengklik pada banner di atas, untuk detail mengenai belajar drum dengan saya seperti apa atau berapa biayanya dan alamatnya dimana.

Kalau begitu kita sudahi dulu ya artikel mengenai belajar not angka ini. Sampai ketemu di pembelajaran saya yang lainnya yaa.. Salam drummer..


Baca juga :
  1. Abjad Drum Nomor Satu
  2. Mengenal Apa Itu Triplet
  3. Mengenal Yang Namanya Snappy

No comments:

Post a Comment