Tentang Saya

Halo, perkenalkan nama saya Iman Prabawa. Saya sudah mengajar drum selama 20 tahun di beberapa institusi musik.

Iman Di Drum Elektrik

Dulu saya menggunakan drum akustik, tapi sekarang seperti yang kalian lihat di foto di atas, saya sekarang beralih menggunakan drum elektrik dan drum akustik saya sudah lama saya jual. Kenapa saya beralih menggunakan drum elektrik? Karena sekarang saya bermain drum hanya untuk hobi saja dan sudah tidak ngeband lagi, paling hanya mengajar drum saja dan mengajarnya juga hanya melalui online saja, tidak mengajar secara ketemuan dan tatap muka lagi.

Foto yang di bawah ini waktu saya masih menggunakan drum akustik saya dan waktu saya masih berlokasi di Jakarta. Kalau sekarang, rumah saya sudah pindah ke Pulau Bintan dan saya sudah tidak tinggal di Jakarta lagi.

Iman Prabawa

Sekarang, saya HANYA mengajar drum secara tatap muka saja, dan dulu sempat berpikir untuk berhenti mengajar dan berhenti di musik tapi sekarang saya kembali lagi. 

Saya sudah memulai YouTube channel saya sejak 2007 dan sudah memulai blog saya dari tahun 2012, namun kemudian saya berpikir untuk menyudahi dunia permusikan saya, tapi sekarang saya kembali lagi, tapi hanya sebatas mengajar drum secara online saja, dan tidak mengajar drum secara ketemuan langsung.

Untuk testimonial saya yang dari YouTube channel saya yang dulu dan dari blog saya yang dulu, kalian bisa membacanya di TESTIMONIAL INI.

YouTube channel saya yang dulu juga sudah saya ganti menjadi YouTube channel pembelajaran bahasa Indonesia untuk orang asing dan kemudian saya memulai YouTube channel saya mulai dari nol lagi DI SINI.


Pendidikan Musik dan Sound Iman Prabawa

Awal masuk ke dunia musik saya memulai dengan bermain gitar, kemudian saya pun beralih ke bermain drum setelah bermain gitar selama 7 tahun. Peralihan ke bermain drum itu awalnya tidak sengaja karena band yang saya buat drummernya mundur dan karena ngga ada lagi yang bermain drum dan nyari drummer saat itu susah, akhirnya saya memutuskan untuk menjadi drummer.

Guru drum saya yang pertama adalah Sandy Andarusman, drummernya PAS Band. Pastinya kalian sudah pernah mendengar ya nama Sandy Andarusman dong? Kalau belum, kalian bisa lihat pada foto di bawah ini, saya bersama guru drum pertama saya yaitu kang Sandy Andarusman.

Bersama Sandy Andarusman
Dengan guru drum pertama saya, Sandy Andarusman

Kemudian setelah dari Sandy Andarusman saya melanjutkan berguru dengan Hendy, yang sekarang menjadi drummernya GIGI.

Iman dan Hendy
Dengan guru drum saya, Hendy GIGI

Saya juga pernah belajar drum dengan mas Gerry Herb, cuma saya kebetulan ngga punya foto saya bersama dengan mas Gerry Herb. Saya dulu belajar drum dengan mas Gerry Herb di Farabi Bogor.

Kemudian saya belajar musik secara formal di Fakultas Ilmu Seni Universitas Pelita Harapan (UPH) dan mengambil Jurusan Musik. Saya satu angkatan dengan Andre Dinuth, yang sekarang merupakan gitaris session player yang banyak dipake oleh musisi Indonesia seperti misalnya dia bermain dengan Glen Fredly, lalu dia juga bermain di Erwin Gutawa Orkestra.

Saya juga satu angkatan dengan Dira Sugandhi, seorang penyanyi Jazz papan atas di Indonesia saat ini dan kemudian saya pernah mengajar di Yamaha Bogor. Jadi, kalau saya rangkum pendidikan musik saya adalah sebagai berikut:

  1. Belajar drum dengan Sandy Andarusman
  2. Belajar drum dengan Hendy, GIGI
  3. Belajar drum dengan Gerry Herb
  4. Kuliah Musik di UPH
  5. Mengajar drum di Yamaha Bogor selama 5 tahun dan mengajar di beberapa tempat di Bogor.

Selain di dunia musik, saya juga sempat mengenyam pendidikan di dunia sound system di mana saya belajar selama satu tahun di Lembaga Pendidikan David Klein (LPDK) yang saat saya belajar, saya belajarnya di Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Karena saya pernah mengenyam pendidikan di bidang sound system kemudian saya juga pernah membuka studio recording yang berlokasi di Bogor. Studio recording ini sekarang sudah tutup.

Iman Prabawa
Di Marira Studio

Foto yang ada di bawah ini waktu saya selesai belajar dan berhasil lulus dari Lembaga Pendidikan David Klein (LPDK) dan saya berfoto bersama pak David Klein.

Di LPDK
Dengan pak David Klein dan mas Abe di LPDK

Karena lokasi dari LPDK itu berada di Kelapa Gading dan dekat dengan Chandracom. Buat kalian yang sering recording pasti nama Chandracom itu juga sudah tidak asing lagi karena Chandracom merupakan toko alat recording yang sudah sangat terkenal buat orang-orang yang berkecimpung di dunia recording.

Di Chandracom
Dengan ko Chandra di Chandracom

Dulu saya pernah sempat diendorse oleh brand drum lokal yaitu Ahay Drums bersama dengan guru saya Sandy Andarusman dan Gerry Herb dan juga drummer-drummer Indonesia yang lainnya seperti misalnya drummernya Radja, Seno.

Ahay Gathering

Nah, kurang lebih sekian mengenai riwayat pendidikan musik dan sound saya dan juga pengalaman saya mengajar. 

Sekarang, saya juga konsen mengajar bahasa Indonesia untuk orang asing. Jadi, saya punya blog yang berbahasa Inggris karena untuk mengajar bahasa Indonesia untuk orang asing, saya tentunya harus menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi dengan mereka.

Blog pelajaran bahasa Indonesia untuk orang asing saya itu adalah di www.PakGuruIman.com dan saya juga mengajar bahasa Inggris melalui blog saya di www.TeacherIman.com

Iman Prabawa

Kalau begitu sekian dulu, dan semoga sharing-sharing saya di blog Belajar Drum Iman ini bisa bermanfaat buat kalian semua. Sampai ketemu di artikel-artikel saya yang ada di blog saya ini ya. Salam drummer!



Komentar