Ketukan Drum Lagu Noah Separuh Aku

Halo teman-teman drummer, kita akan lanjut lagi ya, sebelumnya di artikel yang sebelumnya kita juga sudah membahas ketukan drum lagu Noah Separuh Aku, tapi kalau di artikel yang lalu itu yang kita bahas adalah baru 30 detik pertama awal dari lagu Separuh Aku.

Nah sekarang yang akan kita bahas adalah kelanjutannya yaitu bagian song, atau bagian ketika si vokalis mulai bernyanyi lirik "dan terjadi lagi.." Nah disini ketukannya ada perubahan. Kita bahas yuk, pertama kita akan lihat dulu gambar not baloknya seperti apa, tapi saya ngga akan buat video pembahasan lagi seperti video bagian yang pertama.

Ketukan Drum Lagu Noah Separuh Aku

Kalau kalian suka dengan apa yang saya sharingkan di bawah ini kalian bisa mentraktir saya teh dengan klik pada gambar di bawah ini.

Trakteer Saya

Nah, langsung saja yuk kita bahas di bawah ini.


Not Balok Ketukan Drum Separuh Aku

Kita lihat dulu yuk not balok yang akan kita mainkan. Not balok yang di bawah ini ada dua, dimana yang pertama adalah versi yang sederhananya, seperti di artikel yang sebelumnya, sementara not balok nomor 2-nya adalah versi yang lebih rumit.

Sebenarnya versi yang lebih rumit ini tidak dimainkan memang oleh sang drummernya, barusan saya menonton videonya Noah live, saya embedkan saja videonya di bawah ini ya,


Kalau teman-teman perhatikan sang drummernya juga memainkan ketukannya ada variasinya, memang kalau kita lihat walaupun drummer aslinya ketika mereka memainkannya secara live mereka biasanya tidak memainkannya sama persis, biasanya masalah fill in-nya. Jarang yang mereka mainkan sama persis seperti yang di rekaman, biasanya yang sama adalah ketukan drumnya, dengan ada yang memberikan tambahan variasi atau ada juga yang tetap sama persis memainkan ketukan drumnya.

Kita lihat dulu yuk not baloknya di bawah ini,

Ketukan Drum Lagu Noah Separuh Aku

Oke, kita akan fokus dulu di ketukan drum versi sederhananya ya..

Ketukan Drum Noah Versi Sederhana

Oke, kita lihat kita masih tetap memainkan not 1/16 di hi hatnya, kemudian snare drumnya tetap kita mainkan di hitungan kedua dan keempat, atau biasa disebut dengan istilah back beat. Kemudian yang berubah adalah cara kita memainkan bass drumnya.

Mari kita tonton video di bawah ini di mana saya menjelaskan dan mencontohkan ketukan drum Noah versi sederhananya.

Selanjutnya kita akan akan konsen ke ketukan drum Noah versi rumit yaa..

Ketukan Drum Noah Versi Rumit

Sebenarnya kita hanya menambahkan saja aksen, entah itu di hi hat, atau kalau teman-teman punya hi hat ke dua, kita bisa tempatkan hi hat keduanya itu dekat dengan hi hat pertama, atau kalau teman-teman punya stax juga bisa teman-teman gunakan seperti yang saya gunakan di video saya yang sebelumnya itu.

Yang perlu kita lakukan adalah kita konsentrasi dulu di hi hatnya, karena ada bagian-bagian yang akan kita pukul lebih keras ketimbang yang lainnya. Kalau kita lihat pada gambar not balok di atas, maka di ketukan pertama kita akan memukul lebih keras atau memberi aksen pada not keempatnya, makanya itu saya beri nomor 4 yang berwarna merah. Kemudian di hitungan keduanya kita akan mengaksen pada not ketiga, dimana pada not balok untuk hi hat tersebut di atasnya saya tulis tanda aksen dan juga saya beri nomor 3 yang artinya not ketiganya kita pukul lebih keras daripada not yang lain.

Kemudian di hitungan ketiganya, yang kita pukul lebih keras adalah not kedua dan not keempatnya, yang saya tandai juga dengan angka 2 dan 4 yang saya tulis dengan warna merah. Dan pada hitungan yang terakhir, kita akan memukul lebih keras pada hi hat yang ketiga, disitu juga saya tuliskan angka 3 dengan warna merah kan ya?

Nah kalau begitu langsung saja yuk kita tonton videonya di bawah ini.

Lalu kalian bisa lanjut menonton video lanjutannya di bawah ini.

Dan kalian bisa menonton video saya yang terakhir ini yang menjelaskan nmengenai ketukan drum lagunya Noah di bagian saat vokalisnya mulai bernyanyi.

Saya rasa cukup sekian dulu teman-teman, kalau teman-teman ada yang masih kurang dimengerti, kalian bisa beli e-book drum saya dan mulai belajar dari situ perlahan-lahan dulu.

Punya Guru Drum Jauh Lebih Baik

Nah ini saya tidak akan bosan untuk mengingatkan kalau memang teman-teman serius ingin mengembangkan dan ingin maju bermain drumnya maka punya guru akan jauh lebih baik ketimbang kalau teman-teman belajar secara sendirian. Dan akan sangat menghemat waktu, dan kalau teman-teman memang masih sangat awal dan masih sangat dasar sekali maka punya guru drum akan sangat membantu sekali agar teman-teman tidak tersesat dan menjadi frustasi di dalam perjalanan teman-teman belajar drum.

Jadi cari guru drum yang bagus di kota kalian dan les drumlah sama mereka. Oke, kalau begitu saya sudahi dulu ya artikel mengenai ketukan drum lagu Noah Separuh Aku ini. Saya rasa cukup sampai disini ya mengenai lagu Separuh Akunya Noah ini. Salam drummer!

Komentar