Video Belajar Drum Mike Portnoy Progressive Drum Concepts

Saya baru saja selesai menerjemahkan dan memberikan subtitle untuk DVD-nya Mike Portnoy yang judulnya Progressive Drum Concepts yang cover depannya bisa kita lihat pada gambar di bawah ini.

DVD Belajar Drum Mike Portnoy Progressive Drum Concepts

Nanti di bagian bawah ada sedikit sampel dari videonya ya. Jadi silakan saja ditonton dulu sebelum kalian memutuskan untuk membeli DVD ini.

Apa Saja Yang Dibahas Di DVD Ini?

Di DVD ini Mike Portnoy membahas mengenai teknik double pedal. Jadi buat kalian yang senang dengan double pedal dan ingin tahu caranya memainkan double pedal, bisa belajar dari DVD ini.

Mike Portnoy di DVD ini menjelaskan mengenai cara latihan dari yang paling dasarnya, memainkan pola-pola ketukan double pedal not 1/16, not 1/8 triplet dan kemudian menggabung-gabungkan antara ketukan-ketukan tersebut.

Pembahasan Mengenai Odd Time Signature

Di DVD ini Mike Portnoy menjelaskan mengenai odd time signature atau tanda birama ganjil dan kemudian juga dia menjelaskan kegunaannya ketika dia memfrasekan permainan drumnya. Dia memberikan contohnya di situ dan kemudian dia juga mencontohkannya dengan beberapa lagu yang dia ambil dari bandnya yaitu Dream Theater.

Di situ Mike Portnoy ditemani oleh John Myung di posisi bass dan Derek Sherinian di posisi keyboard.

Phrasing

Mike Portnoy juga menjelaskan cara dia di dalam memainkan ketukannya, dia memberikan contoh misalnya dia diberikan 16 hitungan dan kemudian dia akan membuat ketukan di 16 hitungan tersebut dia akan bisa mencampur-campurkan dengan beberapa time signature yang berbeda-beda sehingga nantinya ketukan drumnya dia menjadi menarik dan enak didengarnya dan juga unik.

Buat kalian yang ingin belajar kreatif dengan hitungan-hitungan dan angka-angka maka DVD ini sangat tepat sekali buat kalian. Durasi video ini kurang lebih 1 jam.

Subtitle Bahasa Indonesia

Video ini saya sendiri yang memberikan subtitle bahasa Indonesianya. Ada banyak yang bertanya saya pake software apa di dalam memberikan subtitlenya ini.

Saya menggunakan software Camtasia 2019, yang bisa kita lihat pada screenshot di bawah ini.

DVD Belajar Drum Mike Portnoy

Itu bisa otomatis nerjemahin gitu ya? Ngga!! Penerjemahannya saya lakukan dengan manual, saya dengarkan dia ngomong apa, baru kemudian saya terjemahkan sendiri. Kalau ada kata-kata yang saya tidak tahu artinya, baru saya menggunakan kamus.

Jadi prosesnya sangat manual sekali, malah kadang saya suka nonton sendiri dulu lalu terjemahannya saya tulis dulu di selembar kertas baru kemudian saat saya sempat ke laptop atau PC baru kemudian saya ketikkan terjemahan saya tersebut.

Jadi benar-benar manual, dan itulah mengapa memang cukup sulit prosesnya, biasanya dalam 1 jam saya mengerjakan, saya hanya dapat sekitar 5 menit saja. Jadi kalau videonya durasinya 1 jam, kira-kira 12 jam saya harus mengerjakan untuk 1 DVD durasi 60 menit tersebut.

Harganya Berapa?

Harganya adalah Rp 100ribu dan kalian bisa menghubungi WA saya di 0812-8535-7230 untuk mendapatkan video pelajaran dari Mike Portnoy, Progressive Drum Concepts ini.

Untuk DVD pelajaran drum lain yang sudah ada subtitle Bahasa Indonesianya, kalian bisa melihat daftarnya di artikel ini, Jual DVD Pelajaran Drum Subtitle Bahasa Indonesia, silakan diklik saja di tulisan tersebut dan kalian nanti akan melihat daftar DVD pelajaran drum apa saja yang sudah saya terjemahkan dan sudah ada subtitle Bahasa Indonesianya.

Komentar