Cara Menghilangkan Suara Ser Di Drum

Halo semuanya, ketemu lagi dengan saya Pak Guru Drum Iman. Waktu itu saya sempat mendapatkan pertanyaan mengenai gimana caranya menghilangkan suara ser yang terjadi saat kita mengaktifkan snappy yang ada di bagian bawah dari snare drum.

Dan kemudian saya membuat videonya aja karena ada beberapa yang lebih baik dijelaskan melalui video ketimbang kalau dijelaskan melalui tulisan.

     Baca juga: Sebaiknya Beli Drum Elektrik atau Beli Drum Akustik?

Jadi, buat kalian yang bingung gimana caranya menghilangkan suara ser yang terjadi saat kalian bermain drum, kalian bisa tonton video saya di bawah ini.

Yang di bawah ini tulisan buat kalian yang lebih suka membaca dalam bentuk tulisan ketimbang menonton video.

Kalau kalian suka dengan apa yang saya sharingkan di bawah ini kalian bisa mentraktir saya nasi goreng dengan klik pada gambar di bawah ini.

Trakteer Saya

Nah, langsung saja yuk kita bahas di bawah ini.

 

Ser Merupakan Hal Yang Wajar

Ser yang terjadi akibat dari snappy yang berada di bagian bawah dari drum yang beresonansi ketika tom tom kalian pukul merupakan suatu hal yang wajar bahkan hal tersebut di drum elektrik Yamaha yang terbaru sudah mulai diadakan untuk membuat supaya drum elektrik terdengar lebih seperti drum akustik.

Jadi, hal ini tidak perlu terlalu dipusingin karena ini merupakan suatu hal yang sangat wajar sekali terjadi kok.

 

Cara Menanggulangi Bunyi Ser Di Drum

Kalau kalian memang segitu terganggunya dengan suara ser tersebut, kalian bisa lepas saja atau non-aktifkan snappynya saat kalian memukul tom tom tapi nanti ini akan menjadi cukup merepotkan kalian juga saat kalian perlu memainkan snare drum yang aktif snappynya.

Tapi itulah salah satu cara yang mungkin bisa kalian lakukan. Cara yang lainnya yang bisa kalian lakukan adalah mengurangi bunyi ser yang terjadi yaitu dengan cara menggunakan snappy yang jumlah kawatnya lebih sedikit.

Snappy yang normal biasanya jumlah kawatnya adalah 20 kawat, nah kalian bisa beli snappy yang jumlah kawatnya lebih sedikit dari 20 atau bisa juga kawatnya kalian potong sehingga jumlahnya bisa kurang dari 20.

Silakan kalian bereksperimen dengan hal tersebut sehingga kalian bisa mendapatkan berapa jumlah kawat yang suara sernya tidak mengganggu kalian di dalam bermain drum tapi kalau kalian sudah sering bermain drum kalian juga nantinya akan terbiasa kok dengan suara ser tersebut.

Nah, kalau begitu saya rasa sekian dulu sharing dari saya mengenai cara menghilangkan bunyi suara ser di drumset ini ya. Semoga bisa bermanfaat dan sampai ketemu lagi di sharing saya yang lainnya.



Komentar