Suara Snare Drum Ada Echonya di Drum Elektrik

Halo semuanya, ketemu lagi dengan saya Pak Guru Drum Iman. Saya kali ini akan menjawab pertanyaan dari salah satu teman kita yang menanyakan hal seperti ini.

 Suara Snare Drum Ada Echonya di Drum Elektrik

Ini pertanyaannya dia,

bro mohon insightnya, gw colok headset di module Yamaha dtx seri 500an.. knapa ya suara snarenya itu kayak double sound, sejenis eco gitu? kalau berkenan boleh share settingannya? makasih yaa..

Kalau kalian suka dengan apa yang saya sharingkan di bawah ini kalian bisa mentraktir saya nasi goreng dengan klik pada gambar di bawah ini.

Trakteer Saya

Saya akan coba jawab buat kalian yang juga punya permasalahan seperti hal tersebut ya.

 

Masalah Di Colokan Headset 

Di pertanyaan ini dia ngga menjelaskan pake headset apaan, headphone apa headset? Atau earphone? Jadi, pertanyaannya kurang jelas. Headset itu berbeda sama headphone, kalau headset itu merupakan headphone yang ada microphonenya, sementara kalau headphone tidak ada microphonenya.

Cuma yang saya sedikit aneh, ngapain dia pake headset untuk drum elektriknya, karena untuk drum elektrik itu kan kita ngga perlu microphone.

     Baca juga: Cara Menghilangkan Suara Ser di Drum

Tapi saya akan sharing aja berdasarkan pengalaman saya, biasanya permasalahannya berada di masalah colokannya. Kalian perhatikan colokan entah itu di earphone atau di headset kalian garisnya tiga seperti terlihat pada gambar di bawah ini ngga?

Earphone Garis 3

Karena saya juga biasanya bermasalah kalau menggunakan earphone yang garisnya 3 seperti terlihat pada gambar di atas. Ini biasanya earphone yang digunakan untuk hape, dan jadinya garisnya tiga seperti itu karena mungkin garis satunya itu untuk microphone yang ada di earphone tersebut dan memang earphone saya yang garis colokannya ada tiga seperti itu memang ada microphonenya.

Dan kalau saya ganti colokannya dengan earphone yang garis 2 seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

Earphone Ring 2

Maka biasanya masalahnya selesai dan snarenya jadi ngga ada echonya. Atau bisa juga colokan kalian kurang keras, karena ketika kita colokin kan harus masuk sempurna gitu, karena kalau ngga akan terjadi masalah seperti itu.

Oh iya, kalau kalian drummer dan ingin belajar dari para drummer handal dunia yang bagus-bagus yang sudah saya terjemahkan dan berikan subtitle Bahasa Indonesianya, kalian bisa mengkliknya di sini 

Daftar yang ada di situ semuanya sudah saya terjemahkan dan sudah saya berikan subtitle bahasa Indonesianya sehingga kalian akan bisa belajar dari para drummer yang memang kemampuannya sudah tidak diragukan lagi.


Dari Colokan 3,5 ke Colokan Besar 6,5

Kalau modul Yamaha itu kan untuk colokannya itu, kalau yang saya punya itu besar seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

Modul Drum Yamaha

Yang di sebelah kiri itu colokan kecil, tapi itu bukan untuk earphone atau headphone. Colokan kecil itu untuk kalau kita mau masukkin audio dari hape ke modul Yamaha, misalnya kalian ada lagu yang kalian suka di youtube, terus kalian mau main drum untuk lagu itu, ya udah kalian colokkin hape kalian aja di colokan kecil itu dan kemudian kalian bisa main bareng lagu yang kalian suka yang kalian putar di hape kalian tersebut.

Nah, colokan yang di sebelahnya yang merupakan colokan gede, atau kita biasa nyebutnya itu colokan 6,5 inchi itu sebaiknya dari headphone kalian menggunakan konektor yang gede atau konektor 6,5 seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini. Gambar yang paling atas.

Colokan 3,5 dan 6,5

Kalian lihat dua-duanya, yang kecil maupun yang gede itu garisnya dua kan? Nah, gunakan yang garisnya dua seperti itu, jangan yang tiga ya.

Dan biasanya kalau colokan 3,5 kalian itu garisnya 3 lalu kalian colokkin ke adapter yang garisnya dua seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

Adapter Konektor 6,5

Biasanya kalau seperti ini juga akan ada masalah, jadi harus dari earphone yang garis dua ke earphone yang garis dua juga.

Kalau bermasalah, coba aja digerak-gerakin itu colokannya, nanti kalian akan merasakan kadang suara echonya hilang tapi kadang suka ada lagi suaranya. Nah itu dia, karena dari 3 ke 2, jadinya seperti itu.

 

Terus Solusinya Gimana?

Solusi termudahnya sih colokinnya setengah. Kalau kalian menggunakan colokan 3,5 dari earphone kalian yang garisnya tiga, kalian jangan mencolokkan semuanya. Kalau dicolokkin semuanya kan biasanya ada bunyi klek. Karena kalau itu yang kalian lakukan maka pasti suara snare drumnya akan terdengar ada echonya. Jadi, colokinnya agak nanggung gitu. Memang kekurangannya kadang suka ngilang-ngilang juga suaranya nantinya kalau kalian tidak beruntung. Tapi ini merupakan solusi yang termurah dan tergampang.

Solusi yang lain ya ganti konektornya! Kalian potong ujung konektornya itu, yang konektor 3,5 itu kalian potong dan beli colokan yang gede yang 6,5 terus solder sendiri sehingga menjadi seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Konektor Neutrik 6,5

Kalian beli konektor Neutrik 6,5 seperti yang terlihat pada gambar di atas, terus kalian potong ujung earphone kalian terus kalian solder sendiri aja ganti kepalanya dengan kepala yang di atas.

Tapi saya ngga bisa nyoldernya, gimana dong? Kalau kalian ngga bisa nyoldernya sendiri, bawa aja ke orang yang bisa membantu kalian mensoldernya. Kalau kalian berada di Jakarta, kalian bisa ke Mal Mangga Dua, di toko Audioshopindo. Atau kalian bisa cari Instagram mereka, @audioshopindo terus minta solderin aja sama dia, tentunya ada biayanya ya. Tanya aja sama mereka biayanya berapa.

     Baca juga: Beli Drum Akustik atau Drum Elektrik?

Saya waktu itu sempat modif headphone Vic Firth saya di toko itu dan si koh Han yang punyanya juga baik dan menjelaskan dengan sangat baik ke saya. Kalau ngga salah mereka juga nerima kalau dikirimin ke mereka terus mereka kerjakan dan setelah selesai mereka kerjakan, mereka kirimkan balik ke kalian.

Ini Instagramnya mereka, kalian coba hubungi mereka aja.

Audioshopindo

Dulu saya modif headphone Vic Firth dan juga ganti kabel headphone AKG K501 saya karena saya juga ngga tahu cara ganti kabel dan soldernya, jadi bawa headphone saya ke sana, dan saya tunggu sebentar, dan kemudian selesai deh.

Pengerjaannya juga rapih banget kok, jadi itulah mengapa saya rekomendasikan buat kalian untuk ke sana aja buat yang ngga ngerti sama urusan solder menyoldernya.

Kalau begitu sekian dulu sharing dari saya mengenai mengapa suara snare drum ada echonya di drum elektrik ini. Semoga bisa menjawab pertanyaannya ya. Salam drummer!


Komentar