Belajar Ketukan Drum Munajat Cinta

Halo teman-teman drummer, ketemu lagi dengan saya Iman Prabawa. Nah kali ini kita akan lanjut lagi ke pelajaran drum kita yang selanjutnya dan kita akan membuat ketukan drum yang kedua kita yang kebetulan ketukan drum kedua yang akan kita pelajari ini dimainkan di lagunya The Rock yang judulnya Munajat Cinta.

Karena saya sudah membuat videonya, kalian bisa langsung saja tonton videonya di bawah ini.

Kalau kalian suka dengan apa yang saya sharingkan di bawah ini kalian bisa mentraktir saya nasi goreng dengan klik pada gambar di bawah ini.

Trakteer Saya

Nah, langsung saja yuk kita bahas di bawah ini.

 

Ketukan Drum Kedua Kita

Di ketukan drum kedua kita ini not baloknya adalah seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Belajar Ketukan Drum Munajat Cinta


Seperti yang kalian lihat pada gambar not balok di atas, di hitungan satu kita akan memainkan bass drum yang kita barengi dengan memainkan hi hat, begitu juga dengan di hitungan keduanya, sementara di hitungan ketiganya, kita hanya akan memainkan snare drum yang kita barengi dengan memainkan hi hat. 

Kalau kalian suka dengan apa yang saya sharingkan di blog saya ini secara gratis, kalian bisa mentraktir saya cendol dengan mengklik pada gambar di bawah ini.

     Baca juga: Belajar Membuat Ketukan Drum Pertama Kita

Lalu pada hitungan keempatnya, kita hanya akan memainkan hi hatnya saja sendirian, dan kemudian kita lihat ada tanda titik dua yang artinya ketukan tersebut kita ulangi satu kali namun karena kita masih berlatih maka sebaiknya kita ulangi terus menerus hingga kita bisa memainkannya dengan lancar.


Mainkan Dengan Menggunakan Metronome

Kalau kalian sudah lancar dan bisa memainkannya maka langkah selanjutnya adalah kalian perlu memainkannya dengan diiringi dengan metronome selama minimal 30 detik seperti yang saya contohkan pada video di bawah ini.

Kemudian kalau kalian sudah bisa memainkannya dengan lancar selama minimal 30 detik langkah selanjutnya adalah kalian bisa mulai mencoba bermain dengan diiringi oleh lagu.

 

Lagu-Lagu Yang Menggunakan Ketukan Drum Ini

Langkah selanjutnya kalian bisa mulai berlatih dengan diiringi oleh lagu dan lagu yang pertama yang bisa kalian gunakan untuk berlatih yaitu lagunya The Rock yang judulnya Munajat Cinta. Saya embedkan saja ya lagunya di bawah ini.

Di ketukan drum bagian depannya lagu ini menggunakan ketukan drum yang baru saja kita pelajari. Kalian tinggal latih dengan stabil aja, apakah kalian bisa memainkannya dengan stabil tanpa terganggu dengan ketukan drum yang lain yang dimainkan di bagian lainnya?

Atau kalian juga bisa berlatih dengan menggunakan lagunya Nirvana yang judulnya Smells Like Teen Spirit. Saya embedkan lagunya di bawah ini ya.

Ketukan drum mulai di menit 0:18 menggunakan ketukan drum yang ini cuma memang temponya jauh lebih cepat kalau dibandingkan dengan lagunya The Rock - Munajat Cinta.

Atau kalian juga bisa menggunakan lagunya My Chemical Romance yang berikut ini buat kalian latihan.

Di menit 1:48 ketukan drum ini dimainkan di situ namun dengan tempo yang jauh lebih cepat dan juga hi hatnya tidak memainkan not 1/8 namun memainkan not 1/4 tapi pola ketukan bass drumnya sama dengan pola ketukan drum yang sudah kita pelajari ini.

Kalian tinggal mencoba melatihnya aja dengan diiringi lagu-lagu tersebut ya dan nanti kalau saya menemukan lagi lagu yang menggunakan ketukan drum yang ini, Insya Allah saya akan buat artikel lagi sehingga kalian bisa punya pilihan lagu yang lebih banyak yang bisa kalian mainkan.

Kalau begitu sekian dulu sharing dari saya mengenai belajar ketukan drum Munajat Cinta ini dan semoga bermanfaat buat kalian semua. Sampai ketemu lagi di sharing saya yang berikutnya dan salam drummer!



Komentar