Belajar Memainkan Fill In Drum Pertama Kita

Halo teman-teman drummer, ketemu lagi dengan saya Pak Guru Drum Iman. Di artikel kita kali ini, kita akan belajar memainkan yang namanya fill in atau drum fill pertama kita.

Belajar Memainkan Fill In Drum Pertama Kita

Kita akan mulai memainkan yang sederhana dulu saja, yang penting kalian mengerti konsep dari drum fill dan not yang akan kita mainkan sebagai drum fill pertama kita.

Kalau kalian suka dengan apa yang saya sharingkan di bawah ini kalian bisa mentraktir saya nasi goreng dengan klik pada gambar di bawah ini.

Trakteer Saya

Yuk langsung saja kita bahas mengenai fill in di drum dan juga contoh-contohnya.

 

Memainkan Drum Fill Pertama Kita

Karena saya sudah membuat video di mana saya menjelaskan mengenai hal ini dan juga mencontohkannya di drumset saya maka langsung saja yuk kita tonton videonya di bawah ini.

Nah seperti itu dan tulisan di bawah ini untuk kalian yang lebih suka membaca ketimbang menonton video.

 

Memainkan Not 1/8 Sebagai Fill In

Di video tersebut saya memainkan not 1/8 sebagai drum fill atau fill in drum pertama kita. Dan kalau kita memainkan not 1/8 itu artinya kita akan memainkan dua buah not di dalam satu ketuknya. Dan nanti kalau kalian melihat gambar not baloknya seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

 Belajar Memainkan Fill In Drum Pertama Kita

Itu tidak berarti bahwa kalian hanya akan memainkannya di snare drum saja, tapi bayangkan bahwa itu not 1/8 dan jangan dilihat bahwa itu posisinya dimainkan di snare drum tapi lebih ke not 1/8 yaitu kita akan memainkan dua buah not di dalam satu ketuknya.

     Baca juga: Teknik Menginjak Pedal Dasar Di Permainan Drum

Sehingga nanti kalian bisa memainkannya di tom tom, antara tom 1 dan 2, di tom 2, di antara tom 2 dan 3 atau di tom 3. Atau kalian juga bisa memainkannya di antara snare drum dan bass drum atau di antara bass drum dengan tom tom karena selama kalian memainkan dua buah not di dalam satu ketuknya maka itu artinya kalian memainkan not 1/8 sebagai drum fill kalian.


Mulai Fill In Sebanyak 1 Bar

Lakukan 1 bar memainkan ketukan drum yang kemudian diiringi dengan memainkan drum fill selama 1 bar agar kalian juga paham 1 bar itu seperti apa. Dan kemudian kalian bisa memainkan not 1/8 seperti yang terlihat gambar not baloknya seperti pada gambar di atas atau kalian juga bisa memainkan not 1/8 triplet di mana kalian akan memainkan 3 buah not di dalam satu ketuknya.

Atau kalian juga bisa memainkan not 1/16 di mana kalian akan memainkan 4 buah not di dalam satu ketuknya.

Di video di atas saya mencontohkan memainkan drum fill menggunakan not 1/16 yang pertama saya mainkan di snare drum baru kemudian saya mainkan di snare drum dan di tom tom dan kemudian saya mulai memainkannya di antara snare drum dan bass drum.

     Baca juga: Belajar Pola Ketukan Drum Dasar

Dan yang bagian di mana saya memainkannya antara snare drum dan bass drum ini merupakan drum fill yang banyak sekali dimainkan di aliran musik Rock. Biasanya drum fill model ini termasuk drum fill yang cukup banyak dimainkan di aliran musik Rock.

Jadi, penting untuk kalian bisa memainkan drum fill ini kalau kalian menyukai musik Rock dan yang terpenting adalah kalian mengerti terlebih dahulu konsepnya karena nanti kalau kalian sudah mengerti bisa kalian kembangkan lebih jauh lagi fill in fill in drum kalian tersebut.

Kalau begitu saya rasa sekian dulu sharing dari saya mengenai belajar memainkan fill in drum pertama kita. Dilatih ya dan jangan cuma ditonton doang videonya karena kalau kalian cuma menonton doang videonya tapi kalian tidak melatihnya maka akan percuma saja. 

Permainan drum kalian tidak akan menjadi bagus hanya dengan menonton saja, kalian harus latihan kalau kalian mau bagus. Kalau begitu sampai ketemu lagi di sharing saya yang lainnya dan salam drummer!



Komentar