Belajar Membuat Ketukan Drum Pertama Kita

Halo semuanya, ketemu lagi dengan saya Pak Guru Drum Iman. Di artikel kita kali ini kita akan belajar membuat ketukan drum pertama kita dan kemudian kita akan coba mempraktekkannya di lagu-lagu. Jadi, dengan melatih ketukan drum ini kalian akan langsung bisa mempraktekkannya juga.

Kebetulan saya sudah membuat videonya, jadi kita langsung saja tonton videonya di bawah ini yuk.

Kalau kalian suka dengan apa yang saya sharingkan di bawah ini kalian bisa mentraktir saya nasi goreng dengan klik pada gambar di bawah ini.

Trakteer Saya

Nah, langsung saja yuk kita bahas di bawah ini.


Membuat Ketukan Drum Pertama Kita

Sebelum kita memainkan ketukan drumnya, yuk mari kita lihat not baloknya terlebih dahulu di bawah ini.

Ketukan Drum Pertama Kita

Kalian lihat saya beri nomor 1 sampai dengan 4, itu sebenarnya untuk memudahkan kita di dalam nanti memainkannya karena nanti kalau kalian sudah sampai tingkat yang lebih tinggi lagi, maka hitungan ini akan memudahkan kalian tentunya.

Tanda [X] di situ merupakan tanda untuk hi hat, dan kalian sewaktu memukul hi hat kalian menggunakan tangan kanan kalian, kalian juga sambil menghitung sehingga akan memudahkan nantinya.

     Baca juga: Mengenal Cara Menginjak Pedal Bass Drum

Jadi, di hitungan pertama itu kita akan memainkan hi hat yang kita barengi dengan memainkan bass drum. Cara memainkan bass drum adalah dengan menginjak pedal kita. Kemudian di hitungan yang kedua kita hanya akan memainkan hi hatnya saja sendiri sementara di hitungan yang ketiga, kita akan memainkan hi hat yang kita barengi dengan snare drumnya dan di hitungan yang keempatnya, kita hanya akan memainkan hi hatnya saja.

Dan kemudian kalian lihat di bagian akhir ada tanda titik dua yang artinya kita akan mengulangi satu kali, namun karena kita masih latihan, sebaiknya kita terus saja mengulang dan mengulang ketukan drum kita tersebut.

 

Memainkan Ketukan Drum Kita Dengan Metronome

Nah, kalau kalian sudah bisa, kalian coba mainkan terlebih dahulu saja baru kalau kalian sudah yakin dengan apa yang kalian mainkan, di bawah ini adalah contoh ketukan drumnya saya mainkan langsung kepada kalian di tempo 80 BPM.

Usahakan untuk bisa memainkannya di tempo 80 BPM selama 1 menit dengan lancar menggunakan metronome sebelum kalian lanjut ke pelajaran yang berikutnya ya.

Kalau kalian sudah berhasil memainkannya seperti yang saya contohkan pada video di atas, maka kalian bisa mencoba memainkan lagu-lagu yang menggunakan ketukan drum seperti ini.

 

Lagu Yang Menggunakan Ketukan Drum Ini

Lagu yang menggunakan ketukan drum yang ini adalah lagunya Hoobastank yang judulnya The Reason. Saya embedkan videonya di bawah ini ya biar kalian tidak ribet mencarinya.

Atau kalian juga bisa melatihnya dengan menggunakan lagu berikut ini yaitu lagu dari Black Eyed Peas yang juga menggunakan ketukan drum yang ini namun di lagu ini bass drumnya kalian mainkan di setiap hitungan. Kalian tinggal menambahkan bass drumnya saja di setiap hitungan, sementara kalau di ketukan drum yang kita pelajari itu kan bass drumnya hanya dimainkan di angka 3 saja kan?

Nah di lagu berikut ini bass drumnya kalian mainkan di angka 1 dan angka 3 berbarengan dengan hi hat kalian.

Atau kalian juga bisa memainkan ketukan drum baru kalian pelajari itu dengan diiringi oleh lagunya Bruno Mars yang judulnya Uptown Funk. Saya embedkan di bawah ini ya videonya.

Ketukan drum yang di Uptown Funk ini persis seperti yang di lagu Shut Up ya, di mana bass drumnya dimainkan di hitungan 1 dan 3. Kalau kalian ingin saya contohkan memainkannya di lagu, kalian tinggal beli Paket Video Belajar Drum Pemula saya aja ya. Di situ saya contohkan gimana memainkannya, biar lebih seru kalau latihan dengan diiringi lagu, jadinya ngga bosen latihannya.

Nah, jadi itu merupakan dua contoh lagu yang bisa kalian mainkan untuk ketukan drum pertama yang baru saja kalian latih ini.

Saya rasa sekian dulu sharing dari saya mengenai belajar membuat ketukan drum pertama kita ini ya. Sampai ketemu lagi di pelajaran yang lain yang saya sharingkan di blog belajar drum Iman ini. Salam drummer! 



Komentar