Belajar Pola Ketukan Drum Dasar

Halo semuanya, ketemu lagi dengan saya Pak Guru Drum Iman. Di artikel kita kali ini kita akan belajar pola ketukan drum dasar di mana di pola ketukan drum dasar ini kita akan memainkan double stroke di kaki kita.

Not baloknya adalah seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Belajar Pola Ketukan Drum Dasar

Kalau kalian suka dengan apa yang saya sharingkan di bawah ini kalian bisa mentraktir saya nasi goreng dengan klik pada gambar di bawah ini.

Trakteer Saya

Langsung saja yuk kita bahas mengenai pola ketukan drum dasar ini.


Pola Ketukan Drum Dasar

Untuk penjelasan dan cara memainkan dari not balok yang ada pada gambar di atas kebetulan saya sudah membuat videonya. Jadi, kalian bisa langsung saja tonton video saya di bawah ini.

Tulisan di bawah ini buat teman-teman yang lebih suka membaca ketimbang menonton video.

     Baca juga: Mengenal Not Balok Drum

Mari kita lihat pada gambar not balok untuk ketukan drum yang akan kita mainkan ini pada gambar di bawah ini.

 Belajar Pola Ketukan Drum Dasar 

Kalian lihat tanda X di atas? Ada 4 kan jumlahnya? Nah itu adalah hi hat yang akan kita pukul dengan menggunakan tangan kanan kita, pastinya menggunakan stick drum.

Di hi hat yang pertama, kita akan memainkan satu kali hi hat dan dua kali bass drum. Contohnya ada pada video yang ada di atas. Lalu kemudian di hi hat yang kedua, kalian hanya akan memainkan hi hatnya saja sendirian.

Sementara di hi hat yang ketiga, kalian akan memainkan snare drum dan hi hat secara berbarengan sementara bass drumnya karena ada tanda istirahat di situ, itu artinya bahwa bass drumnya tidak dimainkan.

     Baca juga: Belajar Ketukan Drum Munajat Cinta

Kemudian di hi hat yang keempat, kita hanya akan memainkan hi hatnya saja. Lalu ada tanda titik dua yang artinya kita akan mengulang pola ketukan drum tersebut. Ulangnya satu kali tapi karena di sini kita baru saja belajar, maka kita perlu mengulang pola ketukan drum di atas berkali-kali sampai kita bisa memainkannya dengan benar di tempo 80 BPM.

Kalau kalian bingung dengan apa itu BPM? Kalian bisa menonton video saya yang menjelaskan mengenai metronome, di situ saya jelaskan.

 

Lagu Yang Menggunakan Ketukan Drum Ini

Pola bass drumnya itu mirip dengan pola bass drum yang dimainkan di lagu Sunday Morningnya Maroon 5. Saya embedkan videonya di bawah ini ya biar kalian bisa mendengarkannya.

Tuh kalian dengar kan? Bagian duk duk yang di depan itu, sama kan? Nah makanya kalau kalian sudah bisa memainkan pola ketukan drum yang saya ajarkan ini, kalian bisa mulai belajar untuk memainkan lagu ini.

Tinggal kalian pelajari saya bagian belakangnya saja sedikit dan kalian pun akan langsung bisa memainkan ketukan drum dari lagu Sunday Morning Maroon 5 ini.


Tips Di Dalam Melatih Ketukan Drum Ini

Latih gerakannya terlebih dahulu dan kalau bisa dihitung dengan keras agar kalian tahu mana bagian yang bareng dan mana bagian yang tidak bareng. Usahakan kalian bisa memainkannya dengan perlahan terlebih dahulu sebelum akhirnya kalian mempercepat temponya.

Lalu kalau kalian sudah bisa memainkannya dengan lancar baru langkah selanjutnya kalian bisa gunakan metronome dan set di tempo 80 BPM dan lihat apakah kalian sudah bisa memainkannya di tempo 80 BPM tersebut.

     Baca juga: Belajar Membuat Ketukan Drum Pertama Kita

Kalau ternyata kalian belum bisa berarti kalian masih harus mempelankan metronomenya. Kalian bisa kurangi misalnya ke tempo 70 BPM dan kalau ternyata masih susah juga di tempo 70 BPM kalian bisa kurangi ke tempo 60 BPM dan mulai saja latihan dari situ hingga pada akhirnya kalian bisa memainkannya di tempo 80 BPM.

Kalau begitu, selamat mencoba memainkannya di drum kalian dan sampai ketemu lagi di sharing saya yang lainnya yang pastinya di blog belajar drum saya ini ya. Sampai ketemu lagi dan salam drummer!



Komentar