Cara Melatih dan Melemaskan Tangan Kiri Di Permainan Drum

Halo, ketemu lagi dengan saya Pak Guru Drum Iman. Gimana sih cara melemaskan tangan kiri kita? Pertanyaan ini merupakan pertanyaan yang sangat sering saya dapatkan dari murid-murid drum saya. Di artikel ini saya akan coba membahasnya ya.

Kalau kalian suka dengan apa yang saya sharingkan di bawah ini kalian bisa mentraktir saya nasi goreng dengan klik pada gambar di bawah ini.

Trakteer Saya

Kalau begitu yuk langsung saja kita bahas.


Tangan Kiri Saya Lemah nih!

Wajar kalau tangan kiri kalian jauh lebih lemah ketimbang tangan kanan kalian, karena kalian bukan kidal kan? Kalau kalian kidal pasti tangan kiri kalian jauh lebih kuat ketimbang tangan kanan kalian.

Cara melatihnya sebenarnya sederhana aja sih yaitu latih tangan kiri kalian jauh lebih banyak daripada tangan kanan kalian.

Kalau kalian mau lebih serius mempelajarinya dan tahu apa yang harus dilatih, saran saya, coba kalian cari DVDnya Jojo Mayer yang judulnya Secret Weapons For The Modern Drummer yang gambar cover depannya adalah seperti terlihat pada gambar di bawah ini.


DVD ini memang bahasa pengantarnya adalah Bahasa Inggris, tapi kalau kalian ingin menonton yang sudah ada subtitle Bahasa Indonesianya ada juga kok. Kalian tinggal KLIK AJA DI SINI dan nanti kalian akan bisa menonton DVD ini yang sudah ada subtitle Bahasa Indonesianya.

Lanjut lagi ya saya lanjutkan tulisan saya, tapi mungkin kemudian kalian akan bertanya lagi, tapi gimana cara melatihnya? Cara melatih yang lengkap sih ada di DVD Jojo Mayer itu ya. Tapi ini video saya juga sempat buat yang versi singkatnya. Langsung kalian tonton aja video saya di bawah ini kalau gitu ya mengenai apa dan gimana cara melatihnya?

Nah, tulisan di bawah ini untuk teman-teman yang lebih suka membaca ketimbang menonton video.

 

Latih Pola Triplet RLL

Kalau saya biasanya suka melatih pola triplet di antara tangan kanan dan kiri saya yang polanya yaitu RLL. Kalian tinggal mainkan bagian LL-nya itu kalian mainkan di snare drum sementara bagian R-nya kalian mainkan di hi hat.

Sebenarnya nantinya tangan kanannya bisa kalian pindahkan ke tom tom misalnya, dan tangan kiri kalian juga bisa kalian pindahkan kalau nantinya kalian akan memainkannya sebagai fill in atau kalau kalian mau latih sebagai ketukan drum juga bisa.

Kalian bisa membuat ketukan drum dan kemudian ketika kalian memainkan drum fillnya kalian bisa memainkan drum fill dengan pola RLL yang kalian mainkan di bagian-bagian drum yang berbeda.

Atau kalian juga bisa melatih dengan pola-pola rudiment yang lain misalnya. Pola RLL ini hanya contoh dari saya saja ya karena memang biasanya pola rudiment RLL inilah yang memang sering saya gunakan di permainan drum saya.


Pukul Hi Hat Dengan Tangan Kiri

Ada satu lagi cara yang bisa kalian lakukan untuk menguatkan tangan kiri kalian yaitu memukul hi hat tidak dengan menggunakan tangan kanan kalian tapi menggunakan tangan kiri kalian seperti yang saya contohkan di video di atas.

Ada banyak drummer yang memukul menggunakan tangan kiri. Ini saya berikan contoh videonya. Yang pertama yaitu Simon Phillips. Dia sebenarnya bukan kidal kalau menurut pengakuan dia. Mari kita tonton videonya di bawah ini ya.

Oh iya, video yang ini kebetulan sudah saya terjemahkan dan berikan subtitle Bahasa Indonesianya. Kalau kalian ingin menonton video-video para drummer handal dunia yang sudah ada subtitle bahasa Indonesianya, kalian bisa KLIK DI SINI.

Lalu ada drummer lainnya yang namanya Carter Beauford. Dia ini merupakan drummer dari band Dave Matthews Band. Saya embedkan permainan drumnya dia di bawah ini ya. Kalian lihat sendiri aja tangan kirinya dia yang memukul hi hat dan bukan tangan kanannya.

Lalu ada lagi drummer yang menggunakan tangan kiri ketika memukul hi hatnya yaitu Will Kennedy. Dia ini merupakan drummer dari bandnya The Yellow Jackets. Mari kita tonton video permainan drumnya dia di bawah ini.

Lalu ada juga drummer legendaris Jazz lainnya yang menggunakan tangan kiri ketika dia memukul hi hatnya yaitu Billy Cobham. Ini saya embedkan juga ya di bawah videonya biar kalian bisa melihat sendiri.

Banyak kan drummer yang menggunakan tangan kiri ketika mereka memukul hi hat mereka? Ada juga drummer yang bisa kiri dan kanan seperti misalnya Mike Mangini, drummernya Dream Theater. Kalau yang itu kalian tinggal cari sendiri aja ya, pasti kalian tahu dong kalau Mike Mangini drummernya Dream Theater mah?

Nah, jadi ini bisa jadi salah satu cara kita di dalam melatih tangan kiri kita karena untuk menguatkan tangan kiri kita yang harus kita lakukan adalah melatihnya atau memainkannya dengan jauh lebih banyak ketimbang tangan kanan kita. Hanya itu saja sih sebenarnya caranya

Oke, kalau begitu sekian dulu ya sharing dari saya mengenai cara melatih dan melemaskan tangan kiri kita di permainan drum dan sampai ketemu lagi di sharing-sharing saya yang lainnya di blog saya ini ya. Salam drummer!



Komentar