Cara Melatih Tangan Kiri Di Drum

Halo teman-teman drummer, ketemu lagi dengan saya Pak Guru Drum Iman. Di artikel kali ini saya mau sharing mengenai cara melatih tangan kiri kita di drum. Buat teman-teman drummer yang bukan kidal pasti tangan kirinya jauh lebih lemah daripada tangan kanan, lalu gimana cara melatihnya agar tangan kiri kita bisa sekuat tangan kanan?

Cara Melatih Tangan Kiri Di Drum

Kalau kalian suka dengan apa yang saya sharingkan di bawah ini kalian bisa mentraktir saya nasi goreng dengan klik pada gambar di bawah ini.

Trakteer Saya

Nah, langsung saja yuk kita bahas di bawah ini.

 

Latih Tangan Kiri Lebih Banyak Daripada Tangan Kanan

Kebetulan saya sudah membuat video mengenai cara melatih tangan kiri di drum dan kalian bisa langsung tonton saja videonya di bawah ini.

Atau kalian perlu mendengarkan sarannya Thomas Lang, seorang drummer handal dunia mengenai cara melemaskan atau melatih tangan kiri kita bisa nantinya tangan kiri kita bisa sekuat tangan kanan kita. Mari kita tonton cuplikan adegannya di bawah ini.

Oh iya, ada DVD yang bagus yang sangat saya sarankan bagi kalian yang ingin melatih kecepatan tangannya. Ini nantinya kalian latih di kedua tangan kalian aja dan kalau tangan kiri kalian yang bermasalah, itu artinya kalian tinggal melatih tangan kiri kalian jauh lebih banyak dari tangan kanan kalian saja.

DVD yang saya sarankan adalah DVD dari Jojo Mayer yang judulnya Secret Weapons For The Modern Drummer yang gambar cover depannya seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

Dan kalau kalian ingin menonton dan belajar dari DVD ini yang sudah ada subtitle Bahasa Indonesianya kalian bisa KLIK DI SINI. Kebetulan itu saya sendiri yang menerjemahkan dan memberikan subtitle Bahasa Indonesianya, jadi kalian bisa langsung belajar dari drummer handal dunia yang kemampuan bermain drumnya sudah tidak diragukan lagi.


Coba Latih Pola-pola Rudiment Yang Banyak Menggunakan Tangan Kiri

Kalian misalnya bisa melatih pola rudiment seperti berikut ini,

RLL

Dan kemudian itu bisa kalian mainkan sebagai fill in di permainan drum kalian atau bisa kalian mainkan sebagai sebuah pola ketukan drum.

     Baca juga: Cara Memainkan Single Pedal Cepat Di Drum

Jadi, ibaratnya kalian juga akan mendapatkan manfaat lain selain hanya melatih tangan kiri kalian saja, kalian juga mendapatkan manfaat bisa memainkan fill in tersebut di permainan drum kalian atau kalian jadi bisa memainkan sebuah ketukan yang tadinya kalian gunakan hanya untuk melatih tangan kiri kalian saja.


Melatih Tangan Kalian Di Mana Saja

Kalian bisa melatih seperti yang dilakukan oleh Jojo Mayer pada video di bawah ini. Video ini merupakan bagian dari DVD Jojo Mayer - Secret Weapons For The Modern Drummer. Jadi, kalau kalian ingin tahu lebih detail gimana cara melatihnya kalian bisa langsung membeli videonya saja di saya dengan klik pada gambar di atas tadi.

Nah dengan cara seperti itu kalian bisa melatih pergelangan tangan kalian dan kalian bisa melatihnya di mana saja dan dengan begitu kalian pada akhirnya akan menguatkan stamina tangan kalian dan juga karena pergelangan tangan kalian sudah terlatih maka akan jauh lebih mudah untuk kalian bermain cepat di drum.

Oke, saya rasa sekian dulu sharing dari saya mengenai cara melatih tangan kiri di drum yang intinya adalah kalian harus melatih tangan kiri kalian jauh lebih banyak ketimbang kalian melatih tangan kanan kalian dan coba latih dengan pola-pola yang sudah saya sharingkan di atas ya. Selamat mencoba dan sampai ketemu lagi.



Komentar