Cara Memilih Stick Drum Yang Bagus

Halo teman-teman drummer, ketemu lagi dengan saya Pak Guru Drum Iman. Di artikel kali ini saya mau membahas mengenai cara memilih stick drum yang bagus. Dilihat dari apanya sih? Lalu untuk tahu stick drum yang asli dengan yang ngga itu gimana caranya?

Cara Memilih Stick Drum Yang Bagus

Kalau kalian suka dengan apa yang saya sharingkan di bawah ini kalian bisa mentraktir saya nasi goreng dengan klik pada gambar di bawah ini.

Trakteer Saya

Nah, langsung saja yuk kita bahas di bawah ini.

Merek-Merek Stick Drum Yang Bagus

Saya sharingkan di sini ya merek-merek stick drum yang bagus yang saat ini keinget di kepala saya. Kalau daftar stick kalian ternyata ngga ada di bawah bisa jadi karena saya kelupaan. Nah daftar merek stick yang bagus ini antara lain (ini tidak saya susun berdasarkan kualitasnya ya, nomor 1 di list ini bukan berarti merek stick yang terbaik di antara merek stick drum yang ada di sini.):

  1. Zildjian
  2. Vic Firth
  3. Vater
  4. Wincent
  5. Ahead
  6. Tama
  7. Promark
  8. Regal Tip
  9. Meinl

Nah udah saya ingetnya segitu aja, kalau kalian ada yang tahu yang lain silakan komen di bawah ya. Untuk kisaran harganya silakan kalian lihat aja di Tokopedia, search aja harga stick dengan merek di atas kisarannya nanti kalian akan langsung tahu.

     Baca juga: Cara Memegang Stick Drum Yang Benar

Lalu gimana cara tahu kalau stick yang kita beli itu asli dan bukan palsu? Caranya adalah beli di tempat yang terpercaya seperti misalnya di MG Music, Bhinneka.com, Drumminded, Hari Hari Musik atau tokopedinya adalah Daily Music Store dan tempat-tempat yang terpercaya yang lainnya sehingga sudah bisa dipastikan bahwa stick drum yang kalian beli itu merupakan stick drum yang memang asli.


Ukuran Stick Drum

Nah stick drum juga mempunyai ukuran seperti misalnya stick drum di bawah ini adalah stick drum yang punya ukuran 2B.

Stick Drum Ukuran 2B

Sementara stick drum yang terlihat di bawah ini adalah stick drum dengan ukuran 5A dan 5B.

Stick Drum Ukuran 5A dan 5B

Nah, mengenai ukuran stick drum ini kalian bisa tonton cuplikan video dari Drumeo di bawah ini dan kalau kalian tertarik untuk belajar dari video-video drum yang sudah ada subtitle bahasa Indonesianya seperti ini kalian bisa membelinya DI SINI.

Nah video itu masih belum selesai karena dia masih banyak menjelaskan mengenai stick drum. Jadi, kalian langsung saja berlangganan Paket Video Drum Subtitle Indonesia agar kalian bisa menonton videonya secara keseluruhan.


Kayu Yang Biasanya Digunakan Untuk Stick Drum

Tidak semua kayu digunakan di dalam stick drum. Kayu-kayu yang biasanya digunakan untuk stick drum yaitu kayu Hickory. Kayu Hickory ini termasuk kayu yang paling banyak digunakan dan sepertinya merupakan pilihan kayu utama para drummer karena stick drum yang menggunakan jenis kayu Hickory ini di tangan berat dan mantap.

Berikut ini adalah stick drum yang menggunakan kayu Hickory.

Stick Marching

Stick ini kebetulan merupakan stick marching. Bedanya apa sih antara stick marching band dengan stick untuk main drum? Bedanya di ukuran dan berat. Biasanya stick marching itu jauh lebih besar dan jauh lebih berat ketimbang stick drum yang digunakan di drumset.

Tapi jenis kayu yang digunakan sih sama aja, kebanyakan menggunakan kayu Hickory. Stick drum Zildjian yang di bawah ini juga merupakan stick drum yang menggunakan kayu Hickory.

Stick Zildjian Hickory

Lalu Promark mengeluarkan sticknya yang diberi nama Firegrain yaitu stick yang juga menggunakan jenis kayu Hickory namun stick tersebut dibakar sehingga warnanya terlihat seperti pada gambar di bawah ini.

Stick Promark Firegrain

Warna kayunya jadi keren ya? Hitam-hitam kebakar gitu dan katanya sih jadi lebih kuat juga stick drumnya. Stick saya yang ini belum pernah saya gunakan di drumset jadi saya ngga tahu seberapa kuat stick drum tersebut jika dibandingkan stick drum dengan kayu Hickory biasa yang tidak dibakar.

Lalu kayu lain yang biasa digunakan untuk stick drum adalah kayu maple. Karakter kayu maple ini lebih ringan jika dibandingkan kayu Hickory, jadi kalau kalian ingin stick drum yang diameternya besar tapi tetap ringan bisa memilih stick drum yang terbuat dari kayu maple.

Kayu lain yang juga digunakan untuk stick drum adalah kayu Oak. Jadi, tiga jenis kayu itu yang biasanya digunakan untuk stick drum.


Bagaimana Cara Memilih Stick Drum Yang Cocok Untuk Kita?

Kalau untuk mencari yang cocok, mahal itu belum tentu kalian pasti cocok. Jadi, satu-satunya cara untuk mencari stick drum yang cocok adalah dicobain dulu. Kalau di Chic's Musik yang ada di Jakarta, di daerah Rawamangun dekat rumah saya yang di Jakarta, ada pad drum sehingga kita bisa mencoba memainkannya di pad drum yang tersedia, sementara kalau tidak ada pad drum, kalian bisa mencoba stick drum tersebut dengan memukulkannya ke paha kalian.

Di Chic's Musik ada pad drum seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Pad Drum Untuk Ngetes Stick Drum

Jadi, kita bisa mencoba stick yang akan kita beli di pad drum tersebut tanpa merusak si stick drum yang akan kita beli itu. Tapi ngga semua toko musik menyediakan pad drum seperti yang ada di Chic's Musik ini ya.

     Baca juga: Cara Melatih dan Melemaskan Tangan Kiri

Coba pukul-pukul pelan ke paha kalian dan rasakan apakah besarnya dan rasanya tepat untuk kalian dan terasa enak ngga di tangan kalian? Kalau terasa enak, ya berarti kemungkinan besar stick drum itu cocok buat kalian.

Saya sendiri sekarang cocok menggunakan stick drum Vic Firth American Classic 5A. Itu saja stick drum yang terasa paling cocok dan paling nyaman di tangan saya sementara kalau stick drum yang lain di tangan saya rasanya kurang walau harganya jauh lebih mahal daripada stick Vic Firth saya misalnya.

Jadi, untuk menentukan cocok atau tidaknya stick drum itu di tangan kita, kita hanya akan tahu kalau kita mencobanya. Kalau kalian baru beli untuk pertama kali, coba datang ke toko musik yang terpercaya dan yang menjual stick drum yang asli dan cobain langsung di paha kalian dan setelah kalian mendapatkan stick drum yang asli dan bagus tersebut kemudian kalau kalian suatu hari ingin membeli stick drum lagi maka kalian bisa membelinya secara online.

Nah, saya rasa sekian dulu sharing dari saya mengenai cara memilih stick drum yang bagus, dan semoga bisa bermanfaat untuk kita semua. Kalau kalian ada yang mau ditanyakan silakan kalian bisa berkonsultasi dengan saya.

Sampai ketemu lagi di sharing saya yang berikutnya dan salam drummer!



Komentar