Cara Memisahkan Tangan dan Kaki Di Permainan Drum

Halo teman-teman drummer, ketemu lagi dengan saya Pak Guru Drum Iman. Di artikel kita kali ini saya mau sharing mengenai cara memisahkan tangan dan kaki kita di permainan drum. Biasanya nih buat teman-teman yang baru saja mempelajari drum tentunya suka mengalami tangan dan kaki suka saling ngikut.

Nah cara memisahkannya gimana? Kita akan memisahkan dengan cara melatih ketukan drum yang saya berikan di bawah ini.

Karena saya sudah membuat videonya, kalian bisa langsung tonton videonya di bawah ini.

Kalau kalian suka dengan apa yang saya sharingkan di bawah ini kalian bisa mentraktir saya nasi goreng dengan klik pada gambar di bawah ini.

Trakteer Saya

Tulisan yang di bawah ini lebih untuk kalian yang lebih suka membaca ketimbang menonton video. Mari langsung saja kita bahas mengenai cara memisahkan tangan dan kaki di permainan drum ini.


Memisahkan Tangan dan Kaki Dengan Ketukan Drum

Kalau kalian ingin tahu not baloknya, ini not balok dari ketukan drum yang saya mainkan di video di atas dan kalian bisa mendapatkan not balok ini DI SINI. Di situ karena kita akan belajar 42 ketukan drum maka saya berikan dalam bentuk pdf sehingga akan memudahkan kalian saat mempelajari ketukan drumnya.

Cara Memisahkan Tangan dan Kaki Di Permainan Drum

Kalian juga bisa mendapatkannya dengan membeli e-book drum saya dengan mengklik DI SINI. Nanti kalian juga akan mendapatkan dalam bentuk file pdf dan juga penjelasan mengenai bagaimana memainkannya karena kalau kalian baru saja belajar dan tidak mengetahui mengenai gimana memainkannya maka not balok ini akan menjadi percuma buat kalian.

Lalu kalau kalian tertarik untuk belajar lebih lagi, kalian bisa belajar dari ratusan video-video pelajaran drum bagus dari para drummer handal dunia yang sudah ada subtitle Bahasa Indonesianya. Saya sendiri yang menerjemahkannya dan kalian bisa mendapatkan video-video tersebut dengan KLIK DI SINI.

Kalau kalian lihat gambar not balok di atas, saya berikan angka di mana angka tersebut fungsinya adalah memudahkan kalian di dalam belajar.

 

Hitung Angkanya Dengan Keras

Pertama kali yang kalian lakukan adalah hitung terlebih dahulu angkanya dengan keras dan nanti seiring dengan kalian menghitung angka tersebut maka tangan kanan kalian akan memukul hi hat kalian.

 Lalu di hitungan pertama kalian akan juga memainkan bass drum. Jadi, di hitungan pertama kalian akan memainkan hi hat dan bass drumnya secara berbarengan.

Lalu di hitungan yang kedua kalian hanya akan memainkan hi hatnya saja sendirian, sementara itu di hitungan antara hitungan 2 dan hitungan 3 kalian akan memainkan bass drumnya saja sendirian. 

Ini yang kalian perlu perhatikan dengan baik karena biasanya hal ini yang menjadi masalah buat banyak drummer ketika baru saja mempelajari ketukan drum yang ini.

Kemudian di hitungan yang ketiga, kalian akan memainkan snare drum yang kalian barengi dengan hi hat sementara kalian lihat di situ ada tanda istirahat yang artinya bass drumnya tidak kalian mainkan.

Dan di hitungan yang keempat kalian akan memainkan hanya hi hatnya saja setelah itu kalian lihat ada tanda titik dua yang artinya kalian perlu mengulanginya satu kali lagi tapi karena kalian masih baru saja belajar saran saya adalah diulangi berkali-kali hingga kalian bisa memainkannya dengan rapih.


Lagu Yang Menggunakan Ketukan Drum Ini

Sebenarnya bukan full ketukannya ya tapi ada bagiannya karena bagian duk tak di hitungan 2 dan 3 di atas, di mana bass drum dan snare drum dimainkan seperti itu, pola seperti itu sering sekali muncul di lagu-lagu.

Salah satunya adalah di lagu yang saya embedkan di bawah ini.

Di bagian awalnya memainkan ketukan drum ini namun kemudian selanjutnya berbeda, tapi kalian bisa lihat bahwa pola yang saya jelaskan tadi di atas dimainkan di sini dan juga di banyak lagu yang lain nantinya kalian akan menemukan.

Nah, jadi saran saya adalah dilatih saja ketukan drum yang saya sharingkan ini karena memang ketukan drum yang ini sering sekali dimainkan di banyak lagu sehingga nanti kalian kalau sudah menguasai pola ketukan drum yang ini akan memudahkan kalian di dalam mengiringi dan memainkan ketukan drum untuk lagu-lagu yang kalian sukai.

Kalau begitu sekian dulu sharing dari saya mengenai cara memisahkan tangan dan kaki di permainan drum ini. Semoga bisa bermanfaat dan sampai ketemu lagi di sharing saya yang selanjutnya pastinya tetap di blog belajar drum saya ini. Salam drummer!


Komentar