Mengenal Double Stroke Di Permainan Drum

Halo teman-teman drummer, ketemu lagi dengan saya Pak Guru Drum Iman. Di artikel kita kali ini, kita akan membahas secara detail mengenai apa yang namanya double stroke.

Mengenal Double Stroke Di Permainan Drum


Saya juga membuat video penjelasan mengenai hal ini dan juga contoh-contohnya agar kalian bisa melihat sendiri apa itu double stroke dan kemudian penerapannya di drumset itu seperti apa. 

Kalau kalian suka dengan apa yang saya sharingkan di bawah ini kalian bisa mentraktir saya nasi goreng dengan klik pada gambar di bawah ini.

Trakteer Saya

Nah, langsung saja yuk kita bahas di bawah ini.


Apa Sih Double Stroke Itu?

Double stroke merupakan jenis rudiment. Rudiment itu apa? Rudiment itu adalah pola-pola kombinasi pukulan yang kita mainkan di tangan kita. Kalau kita artikan secara kata per kata maka double itu artinya dua dan stroke itu artinya pukulan.

Jadi, kalau diterjemahkan maka double stroke itu artinya dua pukulan yang kemudian biasanya dituliskan menjadi seperti berikut ini.

RRLL RRLL

Di mana R itu singkatan dari Right yang artinya Kanan dan L itu singkatan dari Left yang artinya Kiri. Ini nanti bisa kalian mainkan di tangan atau pun di kaki juga bisa.

Kalau kalian masih pemula dan ingin belajar drum, kalian bisa mulai belajar dari e-book drum saya di mana kalian bisa mendapatkan e-book drum saya dengan KLIK DI SINI.

Atau kalau kalian lebih suka menonton ketimbang membaca, kalian bisa berlangganan Paket Video Belajar Drum Pemula saya dengan KLIK DI SINI.

Kalian bisa tonton video saya di bawah ini di mana saya menjelaskan mengenai double stroke dan kemudian mencontohkannya agar kalian bisa lebih mudah mengerti dan memahami. Mari kita simak video saya di bawah ini.

Selanjutnya seperti yang saya jelaskan di video di atas, double stroke itu bisa kita mainkan berdasarkan not-notnya. Misalnya kita bisa memainkan double stroke di not 1/4 lalu kita juga bisa memainkan double stroke di not 1/8 kemudian di not 1/8 triplet lalu di not 1/16 dan di not 1/16 triplet misalnya.


Double Stroke Not 1/4

Langsung saja yuk kita tonton video di bawah ini di mana saya mencontohkan memainkan double stroke di not 1/4. Oh iya, not baloknya adalah terlihat seperti pada gambar di bawah ini.

Mengenal Double Stroke Di Permainan Drum

Lalu cara memainkannya adalah seperti yang saya mainkan pada video di bawah ini.

Seperti itu cara memainkan double stroke di not 1/4. Yang berikutnya kita akan mengenal double stroke dimainkan di not 1/8.


Double Stroke Not 1/8

Gambar not baloknya adalah seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Double Stroke Not 1/8

Dan video di bawah ini adalah cara memainkannya.

Yang berikutnya kita akan belajar memainkan double stroke di not 1/8 triplet.


Double Stroke Not 1/8 Triplet

Memainkan double stroke di not 1/8 triplet ini agak sulit karena jumlah notnya kan tiga jadi agak sedikit sulit di sini. Gambar not baloknya adalah seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Double Stroke Not 1/8 Triplet

Dan cara memainkannya adalah seperti yang terlihat pada video di bawah ini.

Yang berikutnya kita akan belajar memainkan double stroke dinot 1/16.


Double Stroke Not 1/16

Mari kita lihat gambar not baloknya di bawah ini.

Double Stroke Not 1/16

Dan cara memainkannya bisa kita lihat pada video di bawah ini.

Dan yang berikutnya kita akan belajar memainkan double stroke di not 1/16 triplet. 

 

Double Stroke Not 1/16 Triplet

Mari kita lihat gambar not baloknya di bawah ini.

Double Stroke Not 1/16 Triplet

Dan cara memainkannya adalah seperti yang terlihat pada video di bawah ini.

Dan selanjutnya kita akan melihat aplikasi dari double stroke ini bila dimainkan di dalam sebuah ketukan dan bila dimainkan menjadi sebuah drum fill.

 

Aplikasi Double Stroke Di Dalam Ketukan

Double stroke ini bisa dimainkan menjadi sebuah ketukan dan ada lagu di mana double stroke dimainkan di dalam sebuah ketukan. Judul lagunya adalah After Midnight dari band Blink 182. Saya embedkan videonya di bawah ini ya.

Dan berikut ini saya contohkan memainkan ketukan drumnya di mana dimainkan double stroke di situ.

Berikutnya kita akan belajar memainkan double stroke sebagai sebuah drum fill atau sebagai sebuah fill in.


Double Stroke Sebagai Fill In Di Permainan Drum

Video yang pertama adalah contoh double stroke yang dimainkan di not 1/8 sebagai fill in. Mari kita tonton videonya di bawah ini.

Lalu yang berikutnya kita akan melihat contoh double stroke yang dimainkan di not 1/8 triplet yang dimainkan sebagai fill. Mari kita tonton videonya di bawah ini.

Lalu yang berikutnya kita akan melihat contoh double stroke yang dimainkan di not 1/16 sebagai fill in. Mari kita tonton videonya di bawah ini.

Yang berikutnya kita akan melihat contoh double stroke yang dimainkan di not 1/16 triplet sebagai fill in. Yang ini adalah variasi yang pertama. Mari kita tonton videonya di bawah ini.

Dan yang berikut ini contoh double stroke yang dimainkan di not 1/16 triplet variasi yang kedua. Mari kita tonton videonya di bawah ini. 

Dan yang terakhir ini video dari Mike Mangini yang saya terjemahkan dan berikan subtitle Bahasa Indonesianya di mana dia memainkan double stroke yang dia mainkan sebagai fill in.


Aplikasi Double Stroke Oleh Mike Mangini

Video di bawah ini merupakan video-video yang sudah saya terjemahkan, dan kalau kalian suka menonton video-video pelajaran dari para drummer handal dunia yang sudah ada subtitle bahasa Indonesianya, maka kalian bisa mendapatkannya DI SINI.

Kalau begitu yuk mari kita tonton video dari Mike Mangini di mana dia mencontohkan memainkan double stroke sebagai fill in.

Langsung saja kita tonton videonya di bawah ini yuk.

Nah kalau begitu saya rasa sekian dulu sharing dari saya mengenai mengenal double stroke di permainan drum dan kalau kalian ada pertanyaan, kalian bisa langsung konsultasi saja dengan saya.

Sampai ketemu lagi di sharing saya yang lain tentunya mengenai pelajaran drum di blog belajar drum Pak Guru Drum Iman ini. Salam drummer!


Komentar