Mengenal Single Stroke Di Permainan Drum

Halo semuanya, ketemu lagi dengan saya Pak Guru Drum Iman. Kali ini saya akan saya akan sharing mengenai single stroke di permainan drum. Dulu sekali sih saat saya masih tinggal di Bogor dan punya studio musik yang namanya Gudang Musik Studio, saya pernah buat video di mana saya sharing mengenai single stroke ini.

Langsung aja yuk kita tonton videonya di bawah ini.

Kalau kalian suka dengan apa yang saya sharingkan di bawah ini kalian bisa mentraktir saya nasi goreng dengan klik pada gambar di bawah ini.

Trakteer Saya

Nah, langsung saja yuk kita bahas di bawah ini.

 

Apa Sih Single Stroke Itu?

Kalau kita artikan secara kata per katanya [single] itu artinya [satu] sementara [stroke] itu artinya adalah pukulan.

Jadi, single stroke adalah satu pukulan yang bisa kita mainkan di tangan atau pun juga di kaki dan kalau dituliskan, single stroke itu adalah RLRL, di mana R= right yang artinya kanan dan L = left yang artinya kiri.

Nah, kanan itu bisa berarti tangan kanan atau kaki kanan sementara kiri itu bisa berarti tangan kiri atau kaki kiri.


Aplikasi Single Stroke Di Permainan Drum

Single stroke ini aplikasi di permainan drum itu bisa kita mainkan sebagai fill in seperti yang sudah saya contohkan di video di atas atau kita bisa juga mainkan single stroke itu sebagai ketukan misalnya kita mainkan di hi hat kita seperti misalnya di contoh lagu di bawah ini.

Di situ single strokenya dimainkan sebagai sebuah ketukan di mana single strokenya dimainkan di hat menjadi ketukan drum.

     Baca juga: Cara Melatih Tangan Kiri Di Drum

Nanti juga single stroke bisa kalian mainkan menjadi single stroke triplet misalnya, yang pembagian notnya adalah kalian memainkan tiga not per ketukannya, atau kalau dituliskan menjadi seperti berikut ini.

RLR LRL

Itu kalian mainkan di not 1/8 triplet dan kalian akan memainkan 3 buah not di dalam satu ketuknya.

Kalian juga bisa memainkannya menjadi single stroke 1/16 di mana pengelompokan notnya adalah 4 buah atau kalau saya tuliskan menjadi seperti berikut ini.

RLRL RLRL

Jadi, di dalam satu ketuknya kalian akan memainkan 4 not. Sementara kalau kalian memainkannya menjadi 6 not per ketuknya maka kalian akan memainkan single stroke not 1/16 triplet yang kalau saya tuliskan di bawah ini menjadi seperti berikut ini.

RLRLRL RLRLRL

Untuk aplikasinya ada DVD yang bagus dari Anika Nilles yang menjelaskan mengenai gimana cara melatih pengelompokan not dan kemudian gimana kita memainkannya di drumset kita. Kalian bisa KLIK DI SINI untuk menonton video-video pelajaran dari Anika Nilles mengenai pengelompokan not ini dan pengaplikasiannya di drumset.

Jadi, sangat luas sekali pengaplikasian dari rudiment yang namanya single stroke ini. Oh iya, single stroke ini termasuk ke dalam 3 jenis rudiment yang sering banget dimainkan oleh para drummer dan 3 jenis rudiment ini sebaiknya memang kalian latih dengan baik sehingga nantinya kalian bisa punya pilihan yang beraneka ragam ketika kalian bermain drum dan pada akhirnya permainan drum kalian tidak monoton dan tidak hanya begitu-begitu saja.

Saya rasa kalau begitu sekian dulu sharing dari saya mengenai mengenal single stroke di permainan drum ini ya. Semoga bisa bermanfaat dan sampai ketemu lagi di sharing saya yang berikutnya, tentunya di blog belajar drum Iman ini. Salam drummer!



Komentar