Umur Berapa Anak Sebaiknya Dileskan Drum?

Halo, ketemu lagi dengan saya Pak Guru Drum Iman. Waktu saya masih mengajar drum secara tatap muka banyak sekali orang tua yang bertanya kepada saya pertanyaan seperti, "Umur berapa anak sebaiknya dileskan drum?" Nah, karena itu saya membuat artikelnya di blog saya ini untuk menjawab pertanyaan dari para orang tua yang mempunyai pertanyaan mengenai hal ini.

Oh iya kebetulan saya sudah membuat video di mana saya menjawab pertanyaan ini. Langsung saja yuk kita tonton videonya di bawah ini.

Kalau kalian suka dengan apa yang saya sharingkan di bawah ini kalian bisa mentraktir saya nasi goreng dengan klik pada gambar di bawah ini.

Trakteer Saya

Mari kita bahas mengenai masalah apa sih yang biasanya dialami oleh anak kecil kalau dia mau les drum di tempat les drum.

 

Masalah Dengan Anak Kecil

Permasalahan dengan anak kecil yang saya temukan saat dileskan drum itu biasanya kaki mereka belum sampai ke pedal bass drum sehingga ketika mereka duduk di kursi drum kaki mereka ngegantung. Jadi, kalau kaki anak kalian masih ngegantung seperti itu saran saya adalah sebaiknya jangan dilesdrumkan dulu karena nanti anak kalian juga belum bisa diajari membuat ketukan drum. 

Jadi, untuk menjawab pertanyaan, "Umur berapa anak sebaiknya dileskan drum?" Jawabannya adalah tergantung postur tubuh anaknya. Kalau anak kalian kakinya sudah sampai ke pedal drum saat duduk di kursi drum maka anak kalian sudah bisa dileskan tapi kalau anak kalian ketika duduk di kursi drum kakinya masih ngegantung dan belum bisa sampai ke menginjak pedal bass drum maka sebaiknya ditunda dulu untuk meleskan anak kalian.


Kecuali Seperti Ini

Kecuali tempat les drum tersebut menyediakan drum elektrik yang pake kursi kecil karena kalau drum elektrik itu bisa disetting sampai rendah banget dan untuk kursi nantinya anak kalian bisa menggunakan kursi yang kecil juga jadi bisa untuk latihan.

Sementara kalau tempat les drum tersebut menggunakan drum akustik standar maka biasanya tidak akan bisa. Jadi pastikan dulu aja dengan tempat les drum yang kalian akan meleskan anak kalian.

Kalau dulu waktu saya masih mengajar kalau ada orang tua yang ingin melesdrumkan anaknya ke saya, saya akan minta mereka datang terlebih dahulu ke tempat saya mengajar supaya saya bisa melihat apakah kaki anaknya ketika duduk di kursi drum sudah sampai ke pedal atau tidak karena di tempat saya mengajar drum yang digunakan adalah drum akustik dan bukannya drum elektrik sehingga ada ketinggian minimal yang harus dipunyai si anak agar kakinya bisa sampai ke pedal bass drumnya.


Datangi Tempat Les Drumnya Dulu Untuk Tahu

Jadi, untuk tahu apakah anak kalian sudah sampai kakinya ke pedal bass drumnya memang sebaiknya kalian bawa anak kalian ke tempat les drum tersebut sehingga kalian benar-benar tahu apakah anak kalian sudah bisa dilesdrumkan atau belum.

Terus kalau ternyata belum bisa karena kaki anak saya belum nyampe, apa yang harus saya lakukan? Karena saya melihat anak saya berbakat mukul-mukul?


Apa Yang Harus Dilakukan Kalau Ternyata Kaki Anak Belum Sampai?

Kalau ternyata kaki anak kalian belum sampai tapi kalian merasa bahwa anak kalian tersebut berbakat di drum maka yang harus kalian lakukan adalah membelikannya drum elektrik di rumah agar dia bisa berlatih sendiri.

Tapi kan dia ngga ada yang mengajarkan? Kalian bisa sewa guru drum yang bisa datang ke rumah kalian kalau memang kalian ingin tetap mengajarkan anak kalian atau kalian bisa juga dengarkan banyak musik ke anak kalian sehingga anak kalian mendengar banyak musik terlebih dahulu sebelum dia mulai les drum karena mendengar musik yang banyak gede pengaruhnya di dalam kemampuan bermusik si anak.

Kalau memang anak kalian berbakat maka ketika dia mendengarkan musik maka bakatnya dia akan menuntun dia untuk memainkan ketukan drum yang dia dengar tapi kalau anak kalian tidak berbakat maka dia tidak akan bisa memainkan atau mengikuti ketukan-ketukan drum yang ada di lagu-lagu tersebut.

Banyak anak yang hanya didengarkan saja tiba-tiba dia bisa mengikuti irama dari lagunya kalau memang anak tersebut berbakat.

Jadi, itu saran saya buat kalian yang tetap ingin melesdrumkan anak kalian. Yang pertama kalian beli drum elektrik di rumah kalian karena drum elektrik itu bisa diset rendah sehingga anak kalian bisa bermain drum dan menginjak pedalnya jadi masalah postur tubuh tidak berpengaruh lagi.

Lalu setelah kalian membeli drum elektrik kalian bisa mencari guru drum yang bisa datang mengajar ke rumah kalian sehingga anak kalian tetap bisa belajar karena kalau di tempat les drum biasanya mereka menyediakannya drum akustik standar yang mana postur tubuh anak kalian menjadi penting untuk bisa menggunakan drum akustik tersebut.

Saran yang kedua kalau memang kalian tidak menemukan guru drum yang bisa dipanggil ke rumah kalian bisa dengarkan musik yang banyak ke anak kalian agar anak kalian bisa belajar kalian bisa mendengarkan musik yang banyak terlebih dahulu ke anak kalian dan biarkan dia mengikuti iramanya dengan drum elektrik yang dia punyai tersebut.

Nah, semoga sharing dari saya ini bisa bermanfaat buat kalian dan sampai ketemu lagi di sharing saya yang lainnya ya. Salam drummer!



Komentar