Apa Kelebihan Pake Double Mic Di Snare Drum?

Halo semuanya, ketemu lagi sama saya, Iman Prabawa. Di artikel kali ini, saya akan menjawab pertanyaan dari salah satu teman kita yang bertanya mengenai apa sih kelebihan dari menggunakan dua microphone saat kita recording drum.

Kita lihat pertanyaannya pada gambar di bawah ini ya.

Apa Kelebihan Pake Double Mic Di Snare Drum

Pertanyaan ini ditanyakan oleh teman kita saat dia menonton video saya di YouTube yang mana saat itu sata lagi setting microphone untuk recording drum di sebuah studio recording yang berada di daerah Sumur Batu, Jakarta Pusat.

Video YouTube saya, saya embedkan di bawah sini ya biar kalian juga bisa tahu juga sebelum saya jawab pertanyaan dari teman kita ini.

Sebelum saya jawab pertanyaan dari teman kita ini, kalian bisa support saya dengan SUBSCRIBE di YouTube channel saya, Belajar Drum Iman, dengan KLIK DI SINI.

Dan buat kalian yang ingin mengikuti pelajaran drum dari saya, kalian bisa KLIK DI SINI. Di situ kalian akan menemukan seri Belajar Drum Pemula saya dan juga video-video pelajaran drum dari para drummer handal yang sudah saya berikan subtitle bahasa Indonesia dan bisa kalian dapatkan di sana.

Kalau begitu yuk langsung saja kita jawab pertanyaan dari teman kita ini.


Menggunakan Dua Buah Microphone Untuk Merekam Snare Drum

Ini merupakan hal yang banyak dilakukan di studio recording. Kenapa sih kita harus menggunakan dua buah microphone saat kita merekam drum? Sebenarnya sih ngga harus ya, ini pilihan aja, sebenarnya menggunakan satu buah microphone juga sudah cukup, tapi kenapa sih ada yang menggunakan dua buah microphone seperti yang saya gunakan juga di studio tersebut.

Menggunakan dua buah microphone untuk snare drum itu akan membuat sound snare drum yang ingin kita tangkap saat rekaman itu menjadi lebih bagus, tapi perlu kalian perhatikan dengan phasenya.

Phasenya ini harus kalian balik, karena kalau tidak kalian balik, berdasarkan pengalaman saya yang sudah-sudah, saya pernah punya studio rekaman di Bogor selama 5 tahun dan saya menjadi sound engineer di sana, jadi saya punya pengalaman langsung dengan rekam merekam.

Kalau menggunakan dua buah microphone, dan biasanya microphone yang digunakan untuk menodong snare drum itu yang sudah terkenal dan banyak sekali digunakan adalah microphone Shure SM57.

Kalau kalian seorang drummer, maka menggunakan dua buah microphone ini akan sangat berasa sekali dengan hasil sound snappy dari snare drumnya.

Jadi, lebih enak aja kedengarannya, tapi ingat sekali lagi, jangan lupa phasenya dibalik, karena kalau tidak kalian balik, malah hasilnya jauh lebih jelek. Ini pengalaman saya ya, kalau pake dua microphone tapi phasenya ngga dibalik, buat saya sendiri hasilnya malah lebih bagus menggunakan satu buah microphone saja, tapi kalau phasenya dibalik dan biasanya volume untuk snappy bagian bawahnya itu juga jauh lebih kecil ketimbang volume untuk microphone snare yang ada di bagian atasnya.


Apakah Bisa Kalau Hanya Menggunakan Satu Buah Microphone Saja?

Jawabannya adalah bisa banget! Cuma ya itu dia, kalau kalian drummer, akan lebih bisa merasakan bahwa kalau menggunakan dua buah microphone untuk menodong snare drum maka sound snare drumnya akan terasa lebih enak.

Ingat! Sekali lagi kalian harus tahu cara menodongnya ya, karena kalau kalian tidak tahu cara menodongnya malah menggunakan dua buah microphone hasilnya bisa jadi jauh lebih jelek ketimbang menggunakan satu buah microphone.

Prinsipnya adalah kalau menggunakan lebih dari satu microphone kita harus lebih berhati-hati karena bisa terjadi out of phase yang akibatnya malah menghasilkan hasil rekaman yang jadi lebih tipis.

Itulah mengapa kalau kalian tidak mengerti caranya, gunakan satu buah microphone aja terlebih dahulu, baru kemudian ketika kalian penasaran ingin mencoba menggunakan dua buah microphone atau tiga buah microphone atau malah mungkin empat buah microphone maka yang harus kalian perhatikan adalah phasenya.

Saran saya sih gunakan telinga kalian aja, kalau terdengar ngga enak di telinga kalian, maka kalian coba rubah-rubah itu phasenya sampe mendapatkan hasil sound yang kalian inginkan.

Telinga seorang drummer dengan telinga sound engineer yang bukan seorang drummer tentunya akan lebih baik telinga seorang drummer ya. Jadi, kalau kalian seorang sound engineer yang tidak bermain drum, kalian bisa berdiskusi dengan drummer yang lagi kalian rekam tersebut, tanyakan ke drummer itu, gimana hasil soundnya?

Kalau dia bilang belum enak, maka kalian harus coba rubah lagi, mungkin kalian rubah penempatan microphonenya, atau kalian atur phase microphonenya biar tidak terjadi out of phase dan kemudian kalian coba rekam lagi hingga nanti drummer yang sedang kalian rekam tersebut akan bilang dan mengiyakan bahwa soundnya sudah enak.

Jadi intinya adalah banyak eksperimen aja sehingga nanti kalian akan tahu gimana mendapatkan hasil sound snare drum yang terbaik untuk recording kalian.

Kalau begitu, saya rasa sekian dulu sharing dari saya mengenai pembahasan menggunakan dua buah snare drum saat rekaman drum ya. Semoga bisa menjawab dan juga bisa bermanfaat buat teman-teman drummer yang lainnya. Salam drummer!


 


Komentar