Apakah Drum Elektrik Bisa Untuk Orang Kidal?

Halo semuanya, ketemu lagi dengan saya, Iman Prabawa. Di artikel kita kali ini, saya mau menjawab pertanyaan dari teman kita yang kebetulan bertanya mengenai apakah drum elektrik itu bisa dibuat untuk set kidal?

Kita lihat pertanyaan dari teman kita tersebut di sini yuk.

Apakah Drum Elektrik Bisa Untuk Orang Kidal?

Sebelum saya jawab pertanyaan dari teman kita ini, kalian bisa support saya dengan SUBSCRIBE di YouTube channel saya, Belajar Drum Iman, dengan KLIK DI SINI.

Dan buat kalian yang ingin mengikuti pelajaran drum dari saya, kalian bisa KLIK DI SINI. Di situ kalian akan menemukan seri Belajar Drum Pemula saya dan juga video-video pelajaran drum dari para drummer handal yang sudah saya berikan subtitle bahasa Indonesia dan bisa kalian dapatkan di sana.

Kalau begitu yuk, langsung saja kita jawab pertanyaan dari teman kita tersebut di atas yang menanyakan mengenai drum elektrik ini.


Settingan Drum Elektrik Untuk Orang Kidal

Teman kita tersebut bertanya di salah satu video YouTube saya, yang kalau kalian ingin menonton videonya, saya embedkan videonya di bawah ini ya.

Di video tersebut saya sharing tentang bermain drum buat orang yang kidal, dan di video tersebut saya mencontohkan dengan memainkan hi hat yang biasanya dimainkan dengan menggunakan tangan kanan, di video di atas saya menggunakan tangan kiri saya ketika saya memukul hi hat.

Saya jawab dulu ya pertanyaan dari teman kita tersebut.

Apakah bisa diubah menjadi set kidal?

Jawabannya adalah,

Bisa.

Terus kemudian, biasanya akan ada pertanyaan lanjutannya, yaitu,

Gimana caranya?

Caranya adalah dengan memindahkan posisi-posisi dari setting drum kalian aja jadi buat orang kidal.

Misalnya, hi hat yang tadinya ditempatkan di sebelah kiri kalian, kemudian kalian pindahkan aja jadi ke sebelah kanan. Udah semudah itu aja, tinggal pindahkan aja posisinya.

Drum itu berbeda dengan gitar atau bass, kalau gitar untuk orang kidal ngga semudah membalik gitu aja. Harus beli baru yang memang gitar yang dibuat khusus untuk orang kidal. Tapi kalau mau sedikit gila sih di gitar juga bisa asal balik aja gitarnya lalu senarnya dipasangnya balik, yang tadinya dari senar 6, 5, 4, 3, 2, 1 sekarang masangnya dibalik jadi 1, 2, 3, 4, 5, 6 aja persis seperti yang dilakukan oleh Jimi Hendrix.

Tapi kalau di drum ngga serepot itu sih, tinggal mindahin posisinya aja dan lalu kita sudah bisa bermain drum untuk orang kidal.


Lalu Belajar Drum Untuk Orang Kidal Gimana?

Kalau untuk orang kidal terus gimana belajarnya? Saran saya adalah gunakan buku aja seperti yang saya ajarkan di Paket Video Belajar Drum Pemula saya, yang kalau kalian ingin bergabung, kalian bisa KLIK DI SINI.

Kalau kalian bergabung di situ juga nanti kalian akan belajar melalui video-video saya yang tidak saya upload secara gratisan di YouTube dan kalau kalian ada kesulitan, kalian juga bisa langsung bertanya kepada saya dan saya sendiri yang akan menjawab pertanyaan dari kalian.

Saya mengajarkan kepada kalian di situ membaca not balok dengan sederhana aja. Banyak orang yang ketika dibilang membaca not balok langsung stress. Ngga! Ngga harus sesetress itu, saya mengajarkannya dengan cara yang gampang dan mudah untuk dimengerti sehingga nanti kalian juga belajarnya akan mudah untuk mengertinya dan not balok yang saya ajarkan juga tidak sesulit itu.

Malah, not balok yang saya ajarkan itu akan membuat kalian mudah untuk belajar drum dan nantinya akan memudahkan juga buat kalian yang kidal untuk belajar drum karena ngga ngaruh apakah kalian kidal atau ngga, kalau kalian belajar drum dengan cara yang saya ajarkan maka tidak ada pengaruhnya apakah kalian kidal atau tidak.

Karena di situ kalian akan melihat not balok hi hat yang bisa kalian mainkan entah itu dengan tangan kanan atau dengan tangan kiri kalau kalian kidal, persis seperti yang saya contohkan di video di atas. Bedanya nanti di settingan drum kalian yang sudah kalian setting untuk orang kidal adalah posisinya aja, dan nanti kalian bisa melihat di mana kalian akan memainkannya barengan atau tidak.

Misalnya kapan snare dan hi hatnya akan bareng dan kapan snare dan hi hatnya akan tidak berbarengan. Itu yang nantinya kalian perlu perhatikan dengan baik. 

Kalau untuk di awal-awal, kalian perlu memainkannya di tempo yang pelan terlebih dahulu sampai akhirnya kalian mulai terbiasa dan ketika kalian sudah terbiasa untuk memainkannya maka perlahan-lahan kalian akan bisa menaikkan temponya persis seperti yang saya contohkan di video-video saya yang berada di member area di Paket Video Belajar Drum Pemula saya yang kalian bisa bergabung di sana.

Oke, jadi seperti itu ya jawaban saya untuk pertanyaan teman kalian yang bertanya apakah drum elektrik itu bisa digunakan atau bisa disetting untuk orang kidal? Dan jawabannya adalah bisa, tinggal dengan memindahkan posisinya aja.

Kalau nanti kalian misalnya masih bingung, kalian juga bisa bertanya langsung ke saya dengan syarat kalian gabung aja di Paket Video Belajar Drum Pemula saya yang ada di Trakteer yang linknya sudah saya berikan di atas, maka nanti kalian kalau ada kebingungan seputar permasalahan drum, kalian bisa langsng bertanya kepada saya, dan saya sendiri yang Insya Allah akan menjawab kebingungan-kebingungan dari kalian tersebut.

Kalau begitu sampai ketemu lagi di sharing saya yang berikutnya dan salam drummer!



Komentar