Kenapa Sound Dari Modul DTX Pro Terdengar Pecah?

Halo teman-teman, ketemu lagi dengan saya, Iman Prabawa. Kali ini saya mau menjawab salah satu pertanyaan dari teman kita mengenai drum elektrik DTX6K-3X ya. Mari kita lihat pertanyaannya pada screenshot di bawah ini.

Kenapa Sound Dari Modul DTX Pro Terdengar Pecah

Sebelum saya jawab pertanyaan dari teman kita ini, kalian bisa support saya dengan SUBSCRIBE di YouTube channel saya, Belajar Drum Iman, dengan KLIK DI SINI

Dan buat kalian yang ingin mengikuti pelajaran drum dari saya, kalian bisa KLIK DI SINI. Di situ kalian akan menemukan seri Belajar Drum Pemula saya dan juga video-video pelajaran drum dari para drummer handal yang sudah saya berikan subtitle bahasa Indonesia dan bisa kalian dapatkan di sana.

Atau kalian juga bisa follow saya di Trakteer dan mensupport saya di sana untuk mendapatkan postingan saya yang tidak saya posting di YouTube saya ataupun di blog saya. Kalian bisa KLIK DI SINI untuk memfollow saya ataupun mensupport saya di Trakteer. 

Kalau begitu yuk mari kita jawab pertanyaan dari teman kita itu.


Sound Dari Modul DTX Pro Terdengar Pecah

Hal ini juga saya rasakan ketika saya merekam permainan drum saya dan ketika saya dengar, saya juga merasakan hal yang sama dengan apa yang dirasakan oleh teman kita yang bertanya tersebut.

Lalu kemudian saya mulai mencari-cari, apakah memang seperti itu kah? Dan ketika saya nonton videonya dari Drum Tec, saya embedkan di bawah ini ya.

Dan ternyata saya dapati video mereka sound drumnya tidak terasa pecah sama sekali, lalu saya juga menonton beberapa video dari YouTuber tanah air, saya lupa siapa aja, dan terasa di video mereka kerasa pecah juga soundnya.

Dari situ saya kemudian sadar masalahnya ada di mana. Ada beberapa kemungkinan sih terjadinya sound pecah atau terdengar tidak clean seperti yang teman kita tanyakan tersebut.

Padahal kalau kita perhatikan video drumnya dari Drum Tec yang saya embedkan di atas, dia pake DTX6K-X yang mana itu jauh lebih rendah levelnya ketimbang DTX6K-3X, tapi memang sama-sama menggunakan modul DTX Pro.

Jadi, kesimpulan saya, kalau di video itu aja ngga ada masalah sama sekali dan tidak terasa soundnya pecah, maka seharusnya bisa, dan karena saya dulu pernah belajar masalah dasar-dasar audio di Lembaga Pendidikan David Klein (LPDK) saya pun kemudian mulai bisa memetakan masalahnya ada di mana saja.

Dan kemudian kalian bisa tonton video saya di bawah ini.

Kalian bisa rasakan sendiri, ngga ada pecahnya kan ya di video saya di atas? Berarti masalahnya sudah terpecahkan dan kalau kalian penasaran dan ingin tahu apa sih kemungkinan yang menyebabkan suara kita terdengar pecah atau tidak clean itu.

Dan saya sama sekali tidak menggunakan VST. Sound drum saya di video yang saya embedkan dan sampai saat ini di semua video-video saya yang ada di YouTube channel saya yang menggunakan drum elektrik DTX 6 sampai saat ini semua video tersebut menggunakan sound dari modulnya aja.

Sama sekali saya tidak menggunakan sound dari VST, jadi murni semuanya dari modul DTX Pronya. Karena menurut saya ngapain mesti repot ngambil sound dari VST kalau dari modulnya sendiri aja sudah terasa cukup buat saya. Ya ngga?


Apa Saja Kemungkinan Yang Membuat Sound Drum Terdengar Pecah?

Kalau kalian penasaran jawabannya apa dan apa aja sih kemungkinan yang membuat sound drum dari modul DTX Pro kita itu terdengar pecah atau tidak clean seperti yang teman kita ucapkan di pertanyaan di atas, kalian bisa KLIK DI SINI.

Sampai ketemu di sana kalau kalian memang penasaran dengan jawabannya ya. Salam drummer!


 


Komentar