Video Drum Jojo Mayer Tentang Teknik Kaki

Halo teman drummer, kali ini saya akan membahas sedikit tentang DVD-nya Jojo Mayer yang kedua yang membahas mengenai teknik kaki. Ada 3 DVD yang membahas mengenai teknik kaki, sebenarnya sih yang membahas teknik kakinya cuma 2 DVD dan 1 DVD yang ada di situ lebih membahas mengenai pedal bass drum, pedal hi hat dan sejarahnya. Lebih membahas tentang gear atau peralatannya sih untuk DVD yang satu itu.

Tapi DVD yang diberi judul Secret Weapons For the Modern Drummer 2 ini memang terdiri dari 3 DVD. Kalau di DVD yang sebelumnya yaitu di DVD Secret Weapons For the Modern Drummer 1, Jojo Mayer membahas dengan sangat rinci sekali mengenai teknik di tangan nah di DVD yang kedua ini Jojo Mayer membahas dengan sangat detail sekali mengenai teknik kaki.

Oh iya kalau teman-teman juga tertarik untuk mempelajari lebih dalam mengenai teknik tangan, saya juga sangat menyarankan untuk teman-teman mempunyai juga DVD Jojo Mayer yang pertama yaitu Secret Weapons For the Modern Drummer 1 yang teman-teman bisa dapatkan DI SINI.

Sudah Ada Subtitle Bahasa Indonesianya

Dan kabar baiknya tahu ngga teman-teman? DVD yang Jojo Mayer ini saya sudah terjemahkan dan buat subtitle bahasa Indonesianya sehingga buat teman-teman yang tidak mengerti bahasa Inggris ngga usah takut! Udah ada subtitle bahasa Indonesianya lho!

Jadi ini udah kaya teman-teman nonton film Barat di rumah aja. Kan semua film Barat yang disiarkan dan kita tangkap di rumah kita itu semuanya sudah ada subtitle bahasa Indonesianya kan? Nah seperti itu juga nih DVD yang ini.

Ini dia cuplikan dimana saya mengerjakan subtitlenya. Ini saya kerjakan sendiri. Kemarin itu ada yang nanya saya ngerjain terjemahannya pake apa? Saya pake program Camtasia 2018. Mungkin itu teman-teman akan nanya lagi? Kalau pake itu kita bisa nerjemahin apaan aja dong? Ngga! Itu hanya video editor aja, terjemahannya saya yang mengerjakannya sendiri.

Saya dengarkan dulu si Jojo Mayer ngomong apa, baru kemudian saya ketikkan artinya berdasarkan pemahaman saya. Jadi buatnya ngga pake alat penerjemah kaya Google Translate. Saya hanya pake Google Translate untuk kata-kata yang susah saja, dan saya gunakan Google Translate lebih seperti saya menggunakan kamus buku.

Buka kamusnya, cari kata yang memang saya tidak tahu artinya baru lihat. Jadi ngga 10 kalimat langsung saya masukkan di Google Translate dan biarkan Google Translatenya menerjemahkan. Kalau seperti itu hasil terjemahannya biasanya ngga enak dibaca tuh.

Nih kita lihat yuk saya screenshotkan pekerjaan menerjemahkan saya di Camtasia 2018 ini.

DVD Drum Jojo Mayer Tentang Teknik Kaki

Dan ini membutuhkan waktu yang cukup lama lho untuk saya mengerjakan terjemahan dan memberikan subtitle bahasa Indonesia untuk DVD ini. Kenapa lama? Karena bahasa Inggris yang digunakan oleh Jojo Mayer ini termasuk bahasa Inggris yang sulit, sehingga cukup membuat saya berpikir keras di dalam menerjemahkannya.

Berikut adalah salah satu adegan di dalam DVD tersebut.

Salah Satu Adegan di DVD Jojo Mayer

3 DVD ini kurang lebih sekitar 4,5 jam-an lah kita akan menonton pelajaran yang sangat bagus dari Jojo Mayer ini.

DVD Jojo Mayer Secret Weapons For the Modern Drummer 2

Seperti ini tampak cover dari DVD-nya.

Cover DVD Jojo Mayer 2

Tapi nanti ketika teman-teman mau membeli DVD ini ngga pake cover ya karena ini kan bukan DVD originalnya. Kalau DVD originalnya kan ngga ada subtitle bahasa Indonesianya. Murni semuanya bahasa Inggris bahkan subtitle bahasa Inggrisnya juga ngga ada kalau DVD originalnya.

Isinya Apa Saja?

DVD ini benar-benar membahas mengenai semua teknik yang ada di kaki seperti misalnya dari teknik menginjak pedal drum yang paling dasar seperti teknik heel down dan teknik heel up sampai teknik menginjak pedal gabungan yang diciptakan oleh Jojo Mayer di sini diajarkan olehnya.

Teknik heel toe, teknik swivel, rocking motion, dan masih banyak lagi teknik tingkat tinggi lainnya. Dan teknik itu dibedah banget oleh Jojo Mayer dan juga cara memainkan dan melatihnya seperti apa. Jadi teman-teman kalau melatih dari DVD Jojo Mayer ini dan melatihnya dengan benar-benar pasti hasilnya kaki kalian akan luar biasa sekali.

Oh iya Jojo Mayer juga tidak hanya membahas teknik kaki doang lho tapi dia juga membahas mengenai sejarahnya juga. Ada dia membahas mengenai sejarah dari pedal hi hat itu seperti apa. Dan di situ dia memperlihatkan bahkan dia memainkan hi hat zaman dulu yang belum setinggi sekarang ini.

Hi hat yang zaman dulu yang namanya itu low boy. Ngga tahu kan teman-teman? Saya sendiri baru tahu dari DVD ini. Jadi menurut saya dengan menonton DVD ini maka ilmu kita akan sangat diperluas sekali, tidak hanya dari segi tekniknya saja tapi juga pengetahuan mengenai alat dan juga sejarah dari pedal-pedal drum yang kita gunakan tersebut.

DVD Ini Untuk Siapa?

Levelnya adalah untuk drummer intermediate dan advanced walau Jojo Mayer juga membahas mengenai teknik  menginjak pedal drum yang sangat dasar yaitu teknik heel down dan teknik heel up. Tapi latihan-latihan yang diberikan di sana memang minimal teman-teman sudah berada di level intermediate terlebih dahulu untuk bisa mengikuti pelajaran yang diberikan dengan baik.

Kalau teman-teman masih pemula sekali saya rasa DVD ini ngga akan begitu membawa manfaat yang banyak. Teman-teman hanya akan bisa mempelajari bagian teknik menginjak pedal dasarnya saja seperti teknik heel down dan heel up sementara teknik yang lain karena penggunaan bahasa dari Jojo Mayer juga banyak sekali melibatkan istilah-istilah di dunia drum yang minimal drummer tingkat intermediate yang akan mengerti maksudnya.

Harganya Berapa?

Harganya adalah Rp 300ribu dan kalian bisa menghubungi WA saya di 0812-8535-7230 untuk mendapatkan video pelajaran dari Jojo Mayer, Secret Weapons For the Modern Drummer Part 2 ini.

Untuk DVD pelajaran drum lain yang sudah ada subtitle Bahasa Indonesianya, kalian bisa melihat daftarnya di artikel ini, Jual DVD Pelajaran Drum Subtitle Bahasa Indonesia, silakan diklik saja di tulisan tersebut dan kalian nanti akan melihat daftar DVD pelajaran drum apa saja yang sudah saya terjemahkan dan sudah ada subtitle Bahasa Indonesianya.

Komentar