Mengenal Cara Menginjak Pedal Drum

Halo semuanya, ketemu lagi dengan saya, Pak Guru Drum Iman. Kali ini kita akan belajar mengenai cara menginjak pedal di permainan drum. Kalau begitu tanpa berlama-lama lagi, mari kita bahas aja yuk langsung.

Mengenal Cara Menginjak Pedal Drum

Kalau kalian suka dengan apa yang saya sharingkan di bawah ini kalian bisa mentraktir saya nasi goreng dengan klik pada gambar di bawah ini.

Trakteer Saya

Nah, langsung saja yuk kita bahas di bawah ini.


Cara Menginjak Pedal Drum

Untuk pemula, kalau menurut Derek Roddy, dia menjelaskan mengenai cara menginjak pedal drum untuk pemula itu hanya ada dua, yaitu:

  1. Cara Menginjak Pedal Dengan Cara Jinjit
  2. Cara Menginjak Pedal Dengan Cara Tidak Jinjit

Nah, cuma dua cara itu menurut dia. Cara menginjak pedal dengan cara jinjit ini dikenal dengan sebutan atau istilah kerennya, atau di dalam Bahasa Inggris dinamakan sebagai teknik Heel Up, di mana [heel] itu artinya [tumit] dan [up] itu artinya atas. Maksudnya heel up itu adalah tumit kita yang berada di atas, atau kalau di dalam Bahasa Indonesia kita biasanya menamakan kondisi ini dengan sebutan [jinjit].

Kebetulan saya juga sudah pernah membuat video mengenai hal ini. Kalian bisa menontonnya di bawah ini.

Sementara cara menginjak pedal dengan cara tidak jinjit itu di dalam Bahasa Inggris disebut dengan istilah teknik heel down, dimana [down] itu artinya [bawah, turun], yang artinya adalah tumit kita berada di bawah dan biasanya menempel dengan papan pedalnya.

 

Teknik Menginjak Pedal Lanjutan

Kalau kita berbicara mengenai teknik menginjak pedal lanjutan, maka akan ada banyak sekali teknik yang bisa kalian latih dan mainkan. Ada beberapa teknik menginjak pedal lanjutan, misalnya:

  1. Teknik Slide
  2. Teknik Heel Toe
  3. Teknik Swivel
  4. Teknik Flat Foot

Dan kalau kalian mau, kalian bisa mempelajari teknik-teknik ini dari DVDnya Jojo Mayer yang gambar covernya terlihat seperti pada gambar di bawah ini.

Berbahasa Inggris DVD ini tapi sudah saya terjemahkan dan berikan subtitle Bahasa Indonesianya, dan kalau kalian ingin mendapatkannya, kalian bisa klik pada gambar tersebut.

Dan kalau kalian ingin mendapatkan video-video yang lain yang sudah ada subtitle bahasa Indonesianya dari para drummer handal dunia, kalian bisa mengklik pada gambar di bawah ini.

Kalau begitu sekian dulu sharing dari saya mengenai cara menginjak pedal drum untuk pemula ini ya. Sampai ketemu lagi di sharing pelajaran drum saya yang selanjutnya ya.



Komentar