Teknik Menginjak Pedal Dasar Di Permainan Drum

Halo teman-teman drummer, ketemu lagi dengan saya Pak Guru Drum Iman. Kali ini kita akan membahas mengenai teknik menginjak pedal dasar di permainan drum. Buat teman-teman yang baru saja tertarik untuk mempelajari drum kalian perlu tahu nih teknik menginjak pedal dasar yang ada di permainan drum.

Teknik Menginjak Pedal Dasar Di Permainan Drum


Sebenarnya dulu banget waktu saya masih di Bogor, saya pernah membuat video menjelaskan mengenai hal ini. Kalau gitu langsung saja kita tonton videonya di bawah ini ya. 

Dan tulisan berikut ini lebih ke penjelasan yang lebih detail yang tidak ada di video saya yang ini karena video saya ini kan sudah lama sekali.

Kalau kalian suka dengan apa yang saya sharingkan di bawah ini kalian bisa mentraktir saya nasi goreng dengan klik pada gambar di bawah ini.

Trakteer Saya

Mari kita lanjut sharing kita mengenai teknik menginjak pedal dasar di permainan drum dalam bentuk tulisan di bawah ini.


Teknik Menginjak Pedal Dasar Hanya Ada Dua

Kalau menurut Derek Roddy, seorang drummer Metal handal, dia berkata bahwa teknik menginjak pedal dasar itu cuma ada dua kalau ngga jinjit atau nama kerennya yaitu teknik heel up atau ngga jinjit yang nama kerennya adalah teknik heel down.

Kita tonton sedikit cuplikan video di mana Derek Roddy menjelaskan mengenai hal ini pada video di bawah ini.

Jadi, cuma ada teknik heel up dan teknik heel down ya? Itu merupakan teknik menginjak pedal yang dasar buat para pemula tapi memang nanti kalau kalian sudah lebih tertarik dengan permainan drum akan ada teknik-teknik menginjak pedal bass drum yang lainnya lagi.

     Baca juga: Cara Memainkan Single Pedal Cepat Di Permainan Drum

Kalau kalian tertarik untuk belajar dari video-videonya para drummer handal dunia yang sudah ada subtitle Bahasa Indonesianya persis seperti video yang baru saja kalian tonton itu, kalian bisa mendapatkan video-video pelajaran drum dari para drummer handal dunia dengan KLIK DI SINI.

Ratusan video-video yang ada di sana itu saya sendiri yang menerjemahkan dan memberikan subtitle Bahasa Indonesianya.


Teknik Menginjak Pedal Heel Up

Kalau diterjemahkan secara kata per kata, heel itu artinya tumit dan up itu artinya atas. Jadi, heel up itu maksudnya adalah tumit kita berada di atas saat kita menginjak pedal. Nah, kondisi tumit yang berada di atas saat kita menginjak pedal di dalam Bahasa Indonesia biasanya kita menyebutnya dengan istilah [jinjit].

Jadi, teknik heel up kalau dialihbahasakan ke dalam Bahasa Indonesia menjadi [teknik jinjit]. Kita simak apa sih kelebihan dari teknik heel up atau teknik jinjit ini menurut Gil Sharone. Kalau kalian ngga tahu siapa Gil Sharone ini, kalian bisa cari tahu di youtube dan ketikkan saja Gil Sharone maka kalian akan menemukan banyak video-video permainan drum dari Gil Sharone yang luar biasa.

Mari kita simak sedikit cuplikan videonya di bawah ini.

Nah itulah kelebihan dari teknik heel up. Dengan teknik heel up kalian akan lebih mudah mendapatkan power dan juga kecepatan sementara kalau dengan teknik heel down kalian akan mendapatkan kelembutan.


Teknik Menginjak Pedal Heel Down

Heel itu kan tadi artinya tumit sementara down itu artinya bawah. Jadi, heel down itu artinya adalah tumit kita berada di bawah saat kita menginjak pedal bass drum kita yang kalau di dalam Bahasa Indonesia kita menyebut hal ini sebagai [teknik tidak jinjit].

Sekali lagi mari kita tonton penjelasan dari Gil Sharone mengenai teknik heel down pada cuplikan video di bawah ini.

Nah itu dia penjelasan mengenai teknik heel down oleh Gil Sharone.


Perbedaan Teknik Heel Up Dengan Teknik Heel Down

Jadi, perbedaan antara teknik heel down dengan teknik heel up adalah di power yang dihasilkan. Teknik heel up lebih mudah untuk kita bisa mendapatkan power yang besar dan kecepatan yang juga jauh lebih cepat karena jauh lebih mudah sementara di teknik heel down kita jauh lebih sulit untuk mendapatkan hal tersebut.

Sementara di teknik heel down kita bisa mendapatkan power yang jauh lebih lembut ketimbang kalau kita menggunakan teknik heel up. Jadi, masing-masing teknik tersebut punya kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Tinggal kemudian kita gunakan sesuai dengan kebutuhan bermusik kita saja.

Lalu sebaiknya kalian belajarnya apa? Dua-duanya sebaiknya kalian pelajari tapi kalau kalian memang masih pemula sekali saran saya coba pelajari teknik heel up dulu aja karena jauh lebih fleksibel ketimbang teknik heel down.

Baru nanti kalau kalian sudah menguasai dan terbiasa dengan teknik heel up kemudian kalian tinggal latih teknik heel down kalian.

Jadi, semuanya itu bertahap saja. Latih satu per satu terlebih dahulu dan kuasai satu terlebih dahulu sebelum kalian mencoba untuk melatih hal yang lain.

Saya rasa kalau begitu sekian dulu sharing dari saya mengenai teknik menginjak pedal dasar di permainan drum ini. Semoga bisa bermanfaat buat kalian dan sampai ketemu di sharing saya yang lainnya ya.

Kalau kalian ada yang ingin ditanyakan, kalian bisa berkonsultasi dengan saya dengan KLIK DI SINI. Sekian dulu dan sampai ketemu lagi di sharing saya yang lainnya. Salam drummer!



Komentar