Cara Melatih Tangan Kanan Untuk Orang Kidal

Halo, ketemu lagi sama saya, Iman Prabawa aka Pak Guru Iman. Di artikel kita kali ini, saya mau menjawab pertanyaan dari salah satu teman kita yang bertanya gimana caranya untuk melatih tangan kanan buat orang yang kidal.

Nih, saya screenshotkan pertanyaannya di bawah ini ya.

Cara Melatih Tangan Kanan Untuk Orang Kidal

Sebelum saya jawab pertanyaan dari teman kita ini, kalian bisa support saya dengan SUBSCRIBE di YouTube channel saya, Belajar Drum Iman, dengan KLIK DI SINI.

Dan buat kalian yang ingin mengikuti pelajaran drum dari saya, kalian bisa KLIK DI SINI. Di situ kalian akan menemukan seri Belajar Drum Pemula saya dan juga video-video pelajaran drum dari para drummer handal yang sudah saya berikan subtitle bahasa Indonesia dan bisa kalian dapatkan di sana.

Kalau begitu yuk mari kita jawab pertanyaan dari teman kita tersebut.

 

Gimana Sih Caranya Melatih Tangan Kanan Di Drum?

Buat orang yang bukan kidal, biasanya permasalahannya yang terjadi adalah sebaliknya yaitu gimana sih caranya melatih tangan kiri. Jadi, apa yang akan saya sharingkan ini bisa digunakan untuk orang yang bermasalah dengan tangan kiri ataupun tangan kanan. 

Caranya adalah banyak-banyak aja melakukan yang namanya stickingan atau latihan rudiment dan untuk latihan rudiment itu saran saya adalah kalian bisa menggunakan buku Stick Control yang tampilannya seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

Buku Stick Control

Ini buku Stick Control saya yang udah lama banget, udah agak menguning bukunya, dan biasanya saya latihan dari buku ini. 

Di dalam buku ini, nanti kalian akan melihat pola-pola rudiment, dan tinggal kalian latih saja. Ini video saya dengan menggunakan buku Stick Control

Jadi, saya sangat menyarankan kalau kalian bermasalah dengan tangan kiri atau tangan kanan kalian, kalian banyakin aja berlatih rudiment dan latihan rudiment dengan menggunakan buku Stick Control ini kalau kalian lakukan secara rutin maka dampaknya akan sangat terasa sekali buat kalian.


Latihan Rudiment 1 Jam Setiap Hari

Kalau kalian mau benar-benar terasa nih, cobain aja kalian latihan rudiment setiap hari selama 1 jam. Tapi saran saya, jangan langsung 1 jam ya, dibuat 15 menit aja tiap kali kalian latihan. Atau bisa juga dibagi menjadi 30 menit tiap kali latihannya.

Kalau kalian latihan selama 15 menit tiap kali latihannya maka kalian akan melakukan 4 kali di hari tersebut. Bisa kalian lakukan di pagi hari 15 menit, lalu di siang hari 15 menit, lalu di sore hari 15 menit dan di malam hari 15 menit. Pada akhirnya kan 1 jamnya tercapai tuh.

Tapi kalau sulit buat kalian membuatnya menjadi 4 kali 15 menit seperti itu, kalian juga bisa membuatnya menjadi 30 menit. Kalau 30 menit berarti kalian hanya latihan dua kali setiap harinya. Bisa misalnya di pagi hari selama 30 menit lalu kemudian di malam hari kalian latihan rudiment selama 30 menit. Kan sama juga tuh akhirnya 1 jam juga kalian berlatih rudiment dalam satu harinya.


Buat Daftar Latihan Rudiment

Biasanya saya kalau melatih rudiment saya buat daftar rudiment apa saja yang ingin saya latih. Misalnya saya beri contoh nih. Saya latihan selama 30 menit nih, maka saya bagi menjadi per 5 menit seperti di bawah ini:

  1. Double stroke selama 5 menit
  2. Single stroke not 1/16 aksen di tangan kiri selama 5 menit
  3. Single stroke not 1/16 aksen di tangan kanan selama 5 menit
  4. Single stroke triplet selama 5 menit
  5. Paradiddle selama 5 menit
  6. Double paradiddle selama 5 menit

Nah seperti itu contohnya. Itu contoh ngasal aja ya sayanya, nanti daftarnya itu kalian buat sendiri aja berdasarkan hal apa yang masih kurang buat kalian. Misalnya masalah kalian di tangan kanan nih, coba buat latihan rudiment yang lebih fokus ke tangan kanan atau bisa kalian melihat ke buku Stick Control karena latihannya banyak banget, kalian bisa pilih nomor berapa yang akan kalian latih.

Pilih 6 nomor dari buku Stick Control tersebut dan kemudian kalian latih masing-masingnya menggunakan timer. Saya biasanya kalau latihan rudiment itu menggunakan timer selama 5 menit. Pake timer dari hape aja kalau saya sih.

Pake metronome ngga? Kalau lagi ingin latihan melenturkan saja, saran saya sih ngga usah pake metronome, tapi kalau target kalian agar temponya bagus atau lagi ngerapihin nih, biasanya saya akan latihan menggunakan metronome.

Jadi, semua tergantung apa yang lagi kita fokusin untuk kita latih dan apa yang lagi kita kejar. Itu aja sih kalau dari saya. 

    Baca juga: Apakah Drum Elektrik Bisa Untuk Orang Kidal?

Nah, saya rasa sekian dulu sharing dari saya menjawab pertanyaan dari teman kita yang bertanya mengenai cara melatih tangan kanan untuk orang kidal ya, dan semoga menjawab. Kalau mau bertanya-tanya lagi, silakan aja follow saya di Karya Karsa ya. Terima kasih. dan salam drummer!



 

Komentar